Anies Revisi Ingub Polusi, Perluasan Ganjil Genap Tak Hanya Saat Kemarau

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Jumat, 02 Agu 2019 17:24 WIB
Ilustrasi Ganjil Genap (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Instruksi Gubernur DKI Anies Baswedan terkait penanganan polusi udara direvisi. Jika sebelumnya perluasan ganjil-genap hanya berlaku saat musim kemarau, kini tak ada batasannya.

Humas Pemprov DKI mengirimkan dokumen Instruksi Gubernur (Ingub) DKI Jakarta nomor 66/2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara. Ada revisi dari dokumen Ingub yang juga dikirim oleh Humas Pemprov DKI kemarin.



Revisi itu ada pada poin kedua terkait penerapan ganjil-genap. Berikut isi poin kedua di Instruksi Anies versi awal:

Mendorong partisipasi warga dalam pengendalian kualitas udara melalui perluasan kebijakan ganjil genap sepanjang musim kemarau dan peningkatan tarif parkir di wilayah yang terlayani angkutan umum massal mulai pada tahun 2019, serta penerapan kebijakan congestion pricing yang dikaitkan pada pengendalian kualitas udara pada tahun 2021

Berikut isi poin kedua di Instruksi Anies yang telah direvisi:

Mendorong partisipasi warga dalam pengendalian kualitas udara melalui perluasan kebijakan ganjil genap dan peningkatan tarif parkir di wilayah yang terlayani angkutan umum massal mulai pada tahun 2019, serta penerapan kebijakan congestion pricing yang dikaitkan pada pengendalian kualitas udara pada tahun 2021



Perbedaannya adalah terkait perluasan ganjil genap. Di dokumen awal, tertulis 'perluasan kebijakan ganjil genap sepanjang musim kemarau' sementara di dokumen revisi, tertulis 'perluasan kebijakan ganjil genap'.

Berikut isi Ingub DKI 66/2019 yang telah direvisi


(imk/fjp)