detikNews
Jumat 02 Agustus 2019, 15:19 WIB

Rentetan Bom Guncang Bangkok, Menlu dan Delegasi RI di KTT ASEAN Aman

Zakia Liland Fajriani - detikNews
Rentetan Bom Guncang Bangkok, Menlu dan Delegasi RI di KTT ASEAN Aman Menlu Retno LP Marsudi (Andhika/detikcom)
Jakarta - Enam bom meledak di tiga lokasi berbeda di Bangkok, Thailand, saat KTT ASEAN berlangsung. Menlu Retno Marsudi, yang merupakan delegasi Indonesia di KTT tersebut, dipastikan aman.

"Ibu menlu dan delegasi Indonesia aman," kata Plt Jubir Kemlu, Teuku Faizasyah, saat dihubungi, Jumat (2/8/2019).

Sementara itu, Faizasyah masih menunggu penjelasan lengkap soal insiden ini dari KBRI Bangkok. Dia memastikan tidak ada WNI yang jadi korban.


Di Bangkok, Menlu Retno mengikuti sejumlah pertemuan tingkat menteri pada 30 Juli-2 Agustus 2019. Salah satu isu yang diangkat Retno adalah tentang konflik Palestina-Israel.

Lokasi ledakan di Thailand /Lokasi ledakan di Thailand. (Foto: Reuters)

Sebelumnya diberitakan, total ada enam bom yang meledak di tiga lokasi berbeda di Bangkok, Thailand, pada Jumat (2/8) waktu setempat. Beberapa bom dilaporkan dikendalikan dengan timer. Insiden pengeboman yang melukai beberapa orang ini, terjadi saat ibu kota Thailand itu menjadi tuan rumah KTT ASEAN yang dihadiri Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat Mike Pompeo.


Pemerintah Thailand menyerukan media untuk menghindari spekulasi mengenai motif rangkaian pengeboman ini. Juru bicara pemerintah Thailand, Narumon Pinyosinwat, mengatakan Perdana Menteri (PM) Prayut Chan-O-Cha mengecam insiden pengeboman ini dan memerintahkan penyelidikan segera. Ditambahkannya, langkah-langkah keamanan telah diperketat seusai teror bom ini.


Bom Guncang 4 Lokasi Berbeda di Bangkok, 2 Orang Terluka:

[Gambas:Video 20detik]


(imk/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com