detikNews
Jumat 02 Agustus 2019, 13:18 WIB

Pemprov DKI dan Pertamina Bentuk Tim Bersama Atasi Ceceran Minyak

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Pemprov DKI dan Pertamina Bentuk Tim Bersama Atasi Ceceran Minyak Foto: M Fida Ul Haq/detikcom
Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membentuk tim bersama dengan Pertamina untuk menangani tumpahan minyak di Kepulauan Seribu. Tim akan mulai bekerja pekan depan.

"Ke depan akan ada tim bersama dari Pemprov DKI Jakarta dan Pertamina untuk satu mendatangi masyarakat melihat berinteraksi langsung dan memastikan bahwa apa yang menjadi masalah dari masyarakat, kami selesaikan," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai bertemu perwakilan Pertamina di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (2/8/2019).

Fokus dari tim, menurut Anies, adalah nelayan yang terdampak tumpahan minyak tersebut. Dia meminta ada pertanggungjawaban kepada nelayan.


"Karena itulah segera akan bertemu timnya, dan pesannya adalah akan semua yang menjadi konsekuensi negatif akan ada pertanggungjawaban," jelas Anies.

Pihak Pertamina akan segera bertemu dengan nelayan. Kapal dan alat-alat lainnya diterjunkan untuk mengatasi tumpahan minyak.

"Kami harus lakukan segera adalah memberikan comfort kepada para masyarakat yang terimbas terdampak oleh adanya kejadian oil spill ini. Kami akan lakukan dengan sesegera mungkin," jelas Direktur Hulu Pertamina Dharmawan Syamsu.

Selain itu, penanganan sudah dilakukan oleh Pemkab Kepulauan Seribu. Petugas PPSU dikerahkan untuk memberitahukan minyak yang sudah berada di daratan.

"Kami lakukan adalah membersihkan oil spill tadi ketika dia sampai ke darat memobilisasi seluruh petugas yang ada. Khususnya petugas PPSU. Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup. Juga dari Pertamina juga sudah turun ke lapangan," terangnya.


Minyak Tumpah di Karawang, Apa Langkah KLHK?:

[Gambas:Video 20detik]




(fdu/aan)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com