Buka Jampas 2019, Yasonna Ingin Anak Berkonflik Hukum Bisa Berekspresi

Adhi Indra Prasetya - detikNews
Jumat, 02 Agu 2019 12:32 WIB
Menkum HAM Yasonna Laoly membuka Jampas 2019 di Lapas Kelas II-A Tangerang. (Adhi Indra/detikcom)
Tangerang - Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly membuka Jambore Pemasyarakatan Anak Sejahtera (Jampas) 2019 di Lapas Kelas II-A Tangerang. Dia berharap kegiatan ini jadi sarana penguatan pendidikan karakter bagi anak yang berhadapan dengan masalah hukum.

"Pelaksanaan Jambore Pemasyarakatan Anak Sejahtera ini adalah bentuk pengejawantahan pelaksanaan program pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter, yang merupakan bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental," ujar Yasonna saat memberikan sambutan di lokasi, Jl Daan Mogot, Tangerang, Jumat (2/8/2019).

Yasonna mengatakan revolusi mental bukan hanya soal perubahan cara berpikir. Revolusi mental juga terkait dengan sikap dan perilaku berdasarkan Pancasila.


"Revolusi mental adalah perubahan cara pandang, cara pikir, sikap, perilaku, dan cara kerja bangsa Indonesia yang mengacu pada nilai-nilai strategis instrumental, yaitu integritas, etos kerja, dan gotong royong berdasarkan Pancasila, yang bertujuan agar Indonesia menjadi negara yang maju, modern, makmur, sejahtera, dan bermartabat. Nilai tersebut harus ditumbuhkembangkan dalam setiap pribadi anak," ujar Yasonna.

Dia mengatakan generasi muda jadi tonggak pembangunan Indonesia di masa mendatang. Karena itu, pemerintah harus membina anak-anak Indonesia menjadi generasi yang kuat, bersaing, dan bertanggung jawab.

"Sudah saatnya kita memberikan ruang dan kesempatan kepada anak yang berkonflik dengan hukum, khususnya anak yang sedang menjalani pembinaan, yang tersebar di 33 lembaga pembinaan khusus anak di seluruh Indonesia, untuk dapat mengekspresikan diri dalam kegiatan-kegiatan yang edukatif, kreatif, inovatif, dan interaktif di alam terbuka," ujar Yasonna.

Foto: Adhi Indra/detikcom


Dalam acara pembukaan ini, hadir pula Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin, dan Dirjen Pemasyarakatan Sri Puguh Budi Utami.

Jampas 2019 digelar dengan tema 'Membangun Generasi Muda Berkarakter'. Kegiatan Jampas 2019 ini berupa perkemahan yang akan berlangsung pada 2-4 Agustus 2019 di Lapas Kelas II-A Tangerang.

Rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain pemberian materi bela negara oleh Komandan Kodim 0506 Kota Tangerang, penyampaian motivasi dari Dik Doank, outbound, lomba keterampilan kepramukaan, penampilan bakat dan seni, prosesi api unggun, hingga renungan malam. (jbr/jbr)