detikNews
Jumat 02 Agustus 2019, 11:32 WIB

Jadi Percontohan, Kini Ada 'Balkotfarm' di Balai Kota DKI

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Jadi Percontohan, Kini Ada Balkotfarm di Balai Kota DKI Foto: Balkotfarm, urban farming di Balai Kota DKI (Fida/detikcom)
FOKUS BERITA: Bahaya Polusi Jakarta
Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membangun kebun pertanian vertikal di Balai Kota. Sekda DKI Jakarta Saefullah mengatakan kebun tersebut merupakan proyek percontohan untuk kantor-kantor lainnya di lingkungan Pemprov.

"Ini sekadar contoh saja. Punya pak Firman, punya Biro Umum ini, yang dikemas oleh Kominfotik, beserta DKPKP, ini prakarsa mereka. Lalu Bank DKI turut membantu sebagian pembiayaannya. Ini adalah contoh yang nantinya bisa menjadi model untuk membuat seluruh wilayah DKI Jakarta," kata Saefullah di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (2/8/2019).



Saefullah berharap semua warga Jakarta juga bisa meniru konsep pembuatan kebun di perkotaan ini. Dia ingin Jakarta akan semakin asri dengan banyaknya kebun.

"Keluarga juga bisa membuat di tempat rumahnya masing-masing. Pengurus warga bisa membuatnya di lingkungannya masing-masing. Kalau sudah bergerak semua melalui ujung tombak Pemprov DKI Jakarta, yaitu penyuluh pertanian, kita harapkan sampai 60 persen ruang kecil ini sudah dimanfaatkan," jelas Saefullah.

Jadi Percontohan, Kini Ada 'Balkotfarm' di Balai Kota DKIFoto: Balkotfarm, urban farming di Balai Kota DKI (Fida/detikcom)




Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Atika Nur Rahmania menuturkan ada pendekatan teknologi di kebun yang ada di Balai Kota. Dia mengatakan terdapat teknologi yang diterapkan untuk pengairan tanaman secara otomatis.

"Balkotfarm ini kita memberi sentuhan IT dan teknologi dengan menggunakan sensor IOT. Salah satu alasan kami menggerakkan urban farming adalah untuk mendekatkan hal ini kepada milenial," sebutnya.
(fdu/imk)
FOKUS BERITA: Bahaya Polusi Jakarta
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com