detikNews
Kamis 01 Agustus 2019, 16:30 WIB

Cerita drg Romi Saat Suami Cor Jalan ke Puskesmas Agar Mudah Pakai Kursi Roda

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Cerita drg Romi Saat Suami Cor Jalan ke Puskesmas Agar Mudah Pakai Kursi Roda Foto: drg Romi Syofpa Ismael. (Lisye-detikcom)
Jakarta - Romi Syofpa Ismael bercerita perjuangannya selama menjadi tenaga harian lepas sebagai dokter gigi di Puskesmas Talunan, Solok Selatan, Sumatera Barat. Romi mengatakan jalan tanah dari rumah dinas ke Puskesmas susah dilalui dengan kursi roda hingga sang suami membangun jalan dengan biaya sendiri.

"Jalan tanah sehingga menyulitkan saya bisa menuju ke Puskesmas. Dengan rasa prihatin suami, dia membuat jalan sendiri untuk bisa menuju Puskesmas agar saya bisa mandiri pergi dan pulang menuju puskesmas tersebut," ujar Romi di Sekretariat Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI), Jalan Rawamangun Muka, Jakarta Timur, Kamis (1/8/2019).
Susahnya akses menuju Puskesmas tak menyurutkan semangat Romi untuk kerja. Romi tetap bekerja dan melayani masyarakat.

"Saya tetap bekerja sebagaimana mestinya. Karena jalan di sana masih jalan tanah ya jadi untuk akses kursi roda yang seperti ini agak susah, agak membutuhkan tenaga yang kuat untuk mendorong jadi biar mudah saya bekerja ke Puskesmas," kata dia.

Romi menempati rumah dinas dekat Puskesmas. Kondisi tanah yang becek saat hujan membuat suami prihatin. Hingga sang suami membangun jalan sepanjang tiga rumah ke puskesmas dengan kantongnya sendiri.

"Jalan sekitar beberapa meter, 3 rumah dari Puskesmas masih di ruang lingkup rumah dinas di Puskesmas," katanya.
Romi tidak menyoal akses jalan yang disediakan oleh pemerintah setempat. Baginya, memberikan pelayanan kepada masyarakat sudah membuatnya senang.

"Harusnya kan disediakan akses oleh pemerintah tapi tidak apa-apa yang penting bisa berikan pelayanan kepada masyarakat itu lebih cukup lebih membuat hati Ami puas gitu," lanjutnya.



Simak Juga 'Bertemu drg Romi, Moeldoko Soroti Standar Seleksi CPNS':

[Gambas:Video 20detik]


(lir/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com