Bima Arya Ingin Perluas Kota Bogor, Ade Yasin Belum Diajak Ngobrol

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Kamis, 01 Agu 2019 14:11 WIB
Ilustrasi Kota Bogor (Lamhot Aritonang/detikcom)
Cibinong - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menggodok perluasan kota. Tapi Bupati Bogor Ade Yasin mengaku belum diajak bicara.

"Saya belum diajak ngobrol. Itu aja," ujar Ade Yasin di gedung Tegar Beriman, Cibinong, Kamis (1/8/2019).

Ade Yasin menyatakan belum ada rencana pertemuan dengan Bima Arya soal rencana perluasan kota dengan 'mencaplok' wilayah kabupaten.

"Belum ada, belum," katanya.


Bima Arya sebelumnya menyebut kajian perluasan Kota Bogor ini digodok Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Ada kemungkinan kajian rampung pada akhir tahun ini.

"(Kriteria perluasan wilayah dilakukan) dengan menghitung tren pertumbuhan ekonomi, arus mobilitas penduduk, pertumbuhan penduduk, arus imigrasi. Semuanya kita hitung sama daya dukung wilayah kita saat ini, ketersediaan yang existing itu dihitung semua," katanya.

Rencana perluasan Kota Bogor dengan 'mencaplok' wilayah kabupaten disebut Bima Arya sudah lama diwacanakan. Tapi Bima Arya menginstruksikan agar kajian dilakukan lebih dulu sebelum berbicara mengenai wilayah kabupaten yang potensial untuk perluasan Kota Bogor.

"Kebutuhan ini juga untuk memaksimalkan layanan-layanan warga yang dekat, mungkin daerah-daerah yang berbatasan langsung dengan kecamatan-kecamatan (kabupaten), yang kalau masuk kewenangan kita (Pemkot) lebih mudah mensinkronkan," ujar Bima Aya. (fdn/hri)