Laporan dari Moskow

KBRI Moskow Bikin Forum Bisnis RI-Rusia, Ganjar Pranowo Jadi Panelis

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 01 Agu 2019 14:00 WIB
Forum Bisnis Indonesia-Rusia yang menjadi bagian dari Festival Indonesia di Moskow (Foto: Marlinda Oktavia Erwanti/detikcom)
Moskow - Rangkaian Festival Indonesia di Moskow, Rusia kembali menghadirkan Forum Bisnis Indonesia-Rusia. Forum itu diharapkan menjadi pintu masuk investasi.

"Forum Bisnis Indonesia-Rusia di Moskow 2019 ini bertujuan untuk memfasilitasi komunikasi bisnis, jaringan, dan kesepakatan serta kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Rusia untuk sektor swasta dan pemerintah," ucap Duta Besar RI untuk Moskow Mohamad Wahid di Hotel Ritz-Carlton, Moskow, Rusia, Kamis (1/8/2019).

Festival Indonesia di Moskow memasuki tahun keempatnya pada tahun ini. Pertama kali festival itu digelar pada 2016. Sedangkan Forum Bisnis Indonesia-Rusia yang menjadi bagian dari festival itu, untuk tahun ini, mengangkat tema 'Towards Indonesia-Russia Strategic Partnership: Bridging Fruitful Collaboration through Tourism, Trade, and Investment'.




Wahid mengatakan para pengusaha dari Indonesia maupun Rusia berdatangan ke forum itu. Para pengusaha dari Indonesia disebut Wahid berasal dari Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Aceh, Jawa Barat, Riau, dan Sumatera Barat.

"Targetnya 450 pengusaha Indonesia-Rusia, tapi yang daftar lebih, antusiasnya sangat tinggi jadi kita batasi pesertanya. Sekarang setidaknya ada 500 lebih peserta yang ikut dalam forum ini," kata Wahid.

Forum Bisnis Indonesia-Rusia ini terdiri dari empat sesi breakout dan pencocokan bisnis. Empat sesi akan mencakup infrastruktur dan energi, perdagangan bilateral, kolaborasi pariwisata, dan industri minyak sawit.

"Fitur yang paling substansial dari forum adalah sesi perjanjian penandatanganan di mana beberapa pihak telah berkomunikasi dan ditangani sebelumnya," katanya.

"Target kontrak perdagangannya hanya untuk acara ini 3 juta USD. Tahun lalu kami 2,3 juta USD," imbuh Wahid.

KBRI Moskow Bikin Forum Bisnis RI-Rusia, Ganjar Pranowo Jadi PanelisTampak Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwana X dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Marlinda Oktavia Erwanti/detikcom)




Sejumlah pembicara akan mengisi forum bisnis yang juga digelar untuk menyambut 70 tahun hubungan bilateral antara Indonesia dan Rusia pada tahun 2020 ini di antaranya Kepala Bekraf Triawan Munaf dan Wakil Menteri Pariwisata Nia Niscaya. Kemudian ada juga Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai panelis.

"Dari Rusia ada Wakil Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rusia Alexey V Gruzdev, Presiden Pengusaha dan Pengusaha Rusia Alexander Nikolaevich Shokhin dan Komisaris Federasi Rusia untuk Hak Pengusaha Boris Titov," ujar Wahid.

(mae/dhn)