KPK Lanjut Geledah Rumah Dinas Sekda Jabar Terkait Kasus Meikarta

Zunita Putri - detikNews
Kamis, 01 Agu 2019 13:56 WIB
Ilustrasi KPK (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - KPK melanjutkan penggeledahan terkait kasus dugaan suap perizinan proyek Meikarta di rumah dinas Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa. Penggeledahan sebelumnya dilakukan di rumah pribadi Iwa di Cimahi.

"Tim saat ini berada di rumah dinas tersangka IWK (Iwa Karniwa) untuk lanjutkan rangkaian penggeledahan dalam kasus dugaan suap terkait perizinan Meikarta," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Kamis (1/8/2019).



Belum diketahui apa saja yang disita dari rumah pribadi Iwa. Febri juga tak menjelaskan detail apa yang dicari dalam penggeledahan di rumah dinas Iwa.

Pada Rabu, 31 Juli kemarin, tim KPK menggeledah ruang kerja Iwa di Gedung Sate. Selain itu, ruang kerja staf dan sespri Iwa digeledah KPK.

KPK menyita dokumen dalam 2 koper dan 1 dus. Namun KPK belum menyebutkan detail dokumen apa saja yang disita.

Iwa saat ini berstatus tersangka di KPK. Dia diduga menerima suap Rp 900 juta terkait pengurusan Peraturan Daerah Rencana Detail Tata Ruang (Perda RDTR) Kabupaten Bekasi.

Perda itu diduga KPK dibutuhkan Pemkab Bekasi untuk mengakomodasi pengurusan izin proyek Meikarta. Penetapan tersangka Iwa itu merupakan pengembangan dari operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK terkait pengurusan izin proyek Meikarta.

OTT sebelumnya itu menjerat Neneng Hassanah Yasin, yang merupakan mantan Bupati Bekasi. Setidaknya ada sembilan orang yang dijerat KPK, termasuk Neneng, dan telah divonis bersalah oleh pengadilan. (zap/haf)