detikNews
Kamis 01 Agustus 2019, 10:03 WIB

Sambut Bulan Kemerdekaan, Jokowi Ikut Membatik di Stasiun MRT

Andhika Prasetia - detikNews
Sambut Bulan Kemerdekaan, Jokowi Ikut Membatik di Stasiun MRT Jokowi menghadiri acara batik kemerdekaan. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara batik kemerdekaan dalam rangka menyambut bulan kemerdekaan. Dia juga tampak ikut membatik.

Acara diselenggarakan di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (1/8/2019). Jokowi, yang berkemeja putih, awalnya menyapa dan berfoto bersama para pembatik.


Jokowi saat ikut membatikJokowi saat ikut membatik. (Andhika Prasetia/detikcom)

Dalam kesempatan ini, Jokowi ikut mencanting kain batik. Dia mengatakan motif batik yang sedang dikerjakannya adalah garuda nusantara atau gurdo.

"Garuda nusantara, gurdo," kata Jokowi.

Jokowi menyebut kegiatan membatik dimulai hari ini dengan total panjang kain 74 meter. Menurutnya, hal tersebut melambangkan peringatan hari kemerdekaan yang ke-74.

"Ini memasuki bulan kemerdekaan, bulan Agustus, di pagi hari ini 1 Agustus 2019 ini kita memulai untuk membatik sepanjang 74 meter. Yang sesuai dengan dirgahayu kemerdekaan kita yang ke-74," imbuh Jokowi.


Jokowi berharap batik bisa mendunia dan regenerasi pembatik terus berjalan. Selain Jokowi, ibu negara Iriana ikut membatik.

"Kalau hanya 5 menit suruh membatik bagus gimana. Membatik itu harus sabar, pikirannya dingin. Pelan-pelan. Dihayati, dinikmati. Bukan dilihat orang banyak kayak gitu," ujar Jokowi menceritakan pengalamannya membatik.
(dkp/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com