detikNews
Rabu 31 Juli 2019, 19:35 WIB

Napi Pengidap HIV di Lapas Lubuk Pakam Tewas Bunuh Diri

Budi Warsito - detikNews
Napi Pengidap HIV di Lapas Lubuk Pakam Tewas Bunuh Diri Ilustrasi (Foto: dok. Thinkstock)
Medan - Diduga depresi, seorang napi di Lapas Lubuk Pakam, Deli Serdang, Sumut, nekat bunuh diri. Napi pengidap HIV yang bunuh diri itu berinisial Z (27).

Kepala Pengamanan Lapas Lubuk Pakam Anom mengatakan korban mengakhiri hidupnya di dalam sel tahanan pada Rabu (31/7) dini hari. Dirinya mendapatkan laporan perihal peristiwa itu dari petugas piket yang tengah bertugas.

"Saya cek ternyata benar dan kita langsung hubungi petugas Inafis Polres Deli Serdang untuk mengevakuasi korban," ungkapnya Rabu (31/7/2019) malam.

Tahanan kasus narkoba yang baru dihukum 8 tahun penjara itu menempati ruangan khusus di dalam lapas itu. Hal itu dikarenakan saran dari tim medis.

"Sengaja ditempatkan di ruang khusus atau yang kita sebut ruang pengasingan. Karena dia terbukti menderita HIV. Ruangan itu ditempatkan satu orang per ruangan," jelas Anom.



Z ditemukan dengan kondisi leher terlilit kain sarung. Selama ditahan dan mengidap HIV, pihak keluarganya tak pernah menjenguknya.

"Kita sudah berusaha mengabari keluarganya, tapi tak ada yang mengangkat. Dia tak pernah dijenguk. Sudah ada sebulan ini kita kabari. Mungkin itulah yang menyebabkan psikisnya terguncang," paparnya.



Simak Juga 'Terpaksa Menjadi Gay di Balik Jeruji Besi':

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com