6 Fakta Gunung Kerinci yang Baru Saja Erupsi

Virgina Maulita Putri - detikNews
Rabu, 31 Jul 2019 17:45 WIB
6 Fakta Gunung Kerinci yang Baru Saja Erupsi (Foto: Instagram/kabargeologi)
Jakarta - Gunung Kerinci yang berada di Jambi mengalami erupsi. Berdasarkan keterangan dari Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Gunung Kerinci mengalami erupsi pada Rabu (31/7/2019) pukul 12.48 WIB.

Tinggi kolom abu teramati sekitar 800 meter di atas puncak atau sekitar 4.605 meter di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah timur laut dan timur.



Berikut ini fakta-fakta seputar Gunung Kerinci yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Gunung Tertinggi di Sumatera

Gunung Kerinci merupakan gunung berapi tipe stratovolcano yang masih aktif dan terletak di Provinsi Jambi di area Pegunungan Bukit Barisan. Puncak Gunung Kerinci berada di ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut. Ini menjadikannya gunung tertinggi di Pulau Sumatera dan gunung berapi tertinggi di Indonesia.

2. Bukan Letusan Pertama di Tahun 2019

Gunung Kerinci sebelumnya sempat meletus pada 2009 dan 2013. Letusan yang terjadi pada hari ini juga bukan pertama kalinya terjadi selama 2019. Dari awal tahun, tercatat Gunung Kerinci telah bererupsi pada Januari, Maret, Mei, dan Juli.

3. Jalur Pendakian

Gunung Kerinci bisa dicapai dengan jalur darat melalui Kota Jambi, Padang, Lubuk Linggau, dan Bengkulu.

Untuk mencapai puncak gunung ini, pendaki bisa menggunakan jalur pendakian Kersik Tuo. Durasi untuk mendaki dan menuruni puncak Gunung Kerinci sekitar dua hari.



4. Bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat

Gunung Kerinci termasuk bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), yang merupakan habitat harimau Sumatera dan badak Sumatera. TNKS merupakan wilayah konservasi yang meliputi area seluas 1,5 hektare dan berada di empat provinsi, yaitu Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, dan Sumatera Selatan.

Pada 2004, UNESCO menetapkan TNKS sebagai Situs Warisan Dunia bersama Taman Nasional Gunung Leuser dan Taman Nasional Bukit Barisan.

5. Suhu di Puncak

Dengan ketinggian puncak yang mencapai 3.805 meter di atas permukaan laut, tentu suhu udara di puncak Gunung Kerinci bisa menjadi sangat dingin. Saat musim kemarau, suhu di puncak bisa mencapai 5 derajat Celsius.

6. Banyak Objek Wisata Menarik

Walau Gunung Kerinci merupakan objek wisata yang menarik dan indah, di sekeliling gunung ini juga banyak ditemukan objek wisata yang tidak kalah menarik. Sebut saja Goa Kasah, Bukit Khayangan, Rawa Bento, Danau Gunung Tujuh, dan masih banyak lagi. (vmp/lus)