detikNews
Rabu 31 Juli 2019, 10:11 WIB

Pertanyakan Keuangan Kodim di Facebook, Warga Sumbar Dihukum Percobaan

Andi Saputra - detikNews
Pertanyakan Keuangan Kodim di Facebook, Warga Sumbar Dihukum Percobaan ilustrasi (dok.detikcom)
Padang - Warga Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) H Idris Sanur dihukum pidana percobaan. Sebab, ia mempertanyakan keuangan pengelolaan Kodim 0304 Agam, Sumbar.

Kasus bermula saat Idris menulis status di akun Facebook-nya pada 2 Maret 2018, yang berbunyi:

Markas Kodim 0304 Agam dikomersilkan, ke mana uangnya? Disetorkan apa ada masuk kas negara. Yok kita kontrol.

Status Facebook itu ramai dikomentari. Dandim 0304 Agam, Letkol Salim Kurniawan Dewantara mendapat laporan tersebut dan memerintahkan anak buahnya agar kasus itu diteruskan ke Polres Bukittinggi untuk ditelaah secara hukum.


Atas hal itu, Polres memproses Idris sesuai aturan yang berlaku. Idris kemudian duduk di kursi pesakitan.

Dalam persidangan, Kodim Agam bisa membuktikan semua penggunaan asetnya sudah sesuai dengan aturan yang berlaku yaitu Peraturan Menteri Keuangan Nomor 57/PMK.06/2019 tentang Tata Cara Pelaksanaan Sewa Barang Milik Negara. Aset di bawah Kodim Agam sebagian difungsikan sebagai sekolah, gudang, toko, penginapan dan usaha cuci mobil.

Atas hal itu, Idris dinilai majelis hakim telah bersalah karena merusak naam baik Kodim 0304 Agam. "Menjatuhkan pidana selama 6 bulan kurungan. Pidana tersebut tidak perlu dijalani kecuali jika di kemudian hari ada putusan hakim yang menentukan lain, disebabkan karena terdakwa melakukan suatu tindak pidana sebelum masa percobaan selama 1 tahun berakhir," putus majelis PN Bukitttinggi sebagaimana dilansir website MA, Rabu (31/7/2019).

Duduk sebagai ketua majelis Supriyatna Rahmat dengan anggota Maria Mutiara dan Dewi Yanti. Idris dinilai melanggar UU ITE, khususnya Pasal 27 ayat 3.

"Terdalwa mengakui, terus terang dan menyesali perbuatannya," ucap majelis memaparkan hal yang meringankan Idris.



(asp/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com