Dukung Pembagian Kurban Tak Pakai Plastik, Pasar Jaya Jual 20 Ribu Besek Bambu

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 31 Jul 2019 03:05 WIB
Besek bambu untuk pembagian daging kurban (Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerukan kepada seluruh warga Jakarta untuk membagikan hewan kurban menggunakan besek bambu sebagai pengganti kantong plastik. PD Pasar Jaya telah menyiapkan penjualan 20 ribu besek bambu dan akan dijual di 112 lokasi dengan harga satuan Rp 2.000.

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin, mengatakan penjualan besek bambu ini dilakukan di 112 lokasi pasar yang tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta. Penggunaan besek bambu dianggap lebih praktis dan lebih aman dibandingkan penggunaan kantong plastik.

"Penggunaan kantong plastik pada makanan bisa berpotensi pada sejumlah jenis penyakit. Selain itu, kantong plastik sangat sulit terurai. Karena itulah di sini Pasar Jaya mengambil alternatif untuk menjual besek bambu," ujar Arief dalam keterangan tertulis yang diterima Selasa (30/7/2019).



Besek bambu diharapkan bisa menjadi salah satu kampanye mengurangi sampah plastik. Arief mengaku Pasar Jaya sudah lama melakukan sosialisasi pengurangan sampah plastik kepada pedagang dan pembeli.

"Sebelumnya sudah dilakukan dengan tidak menyediakan kantong plastik untuk KJP. Nah, untuk kurban ini, kita jual besek bambu. Diharapkan penggunaan kantong plastik ini bisa terus berkurang ke depannya," katanya.

(zap/nvl)