detikNews
Rabu 31 Juli 2019, 02:38 WIB

Ahok Kenang Berobat Gigi Saat Masih di Mako Brimob

Tim detikcom - detikNews
Ahok Kenang Berobat Gigi Saat Masih di Mako Brimob Ahok bersama tim dokter giginya (Foto: screenshot Vlog BTP)
Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berbagi pengalaman tentang bagaimana merawat kesehatan gigi melalui vlog pribadinya yang berjudul 'Tips ke Dokter Gigi ala BTP'. Ahok juga sempat bercerita tentang pengalamannya merawat gigi selama di Rutan Mako Brimob, Depok.

Awalnya, Ahok mengatakan memiliki masalah di giginya. Dia mengaku giginya itu rapuh. Dia berencana pergi ke dokter gigi langganannya di sebuah rumah sakit di kawasan Pluit, Jakarta Utara. Sesampai di ruang pemeriksaan, Ahok lalu memperkenalkan tim dokter giginya. Ada lima dokter yang menangani permasalahan giginya.

"Waktu saya di Mako Brimob, kesulitannya timbul, dokter di Mako kan nggak ngerti saya punya (data gigi). Saya kira nggak ada yang separah saya ya, itu kompleks sehingga bingung gimana. Kalau kita di Mako Brimob, dia harus punya rekam jejak saya yang baik. Kalau saya keluar, nanti repot juga, minta izinnya repot," ujar Ahok seperti dilihat di vlog-nya berjudul 'Tips ke Dokter Gigi ala BTP', Selasa (30/7/2019) malam.



Kemudian Ahok bercerita tentang pengalamannya bersama tim dokter di rumah sakit langganannya itu sewaktu melakukan pemeriksaan gigi di Mako Brimob. Dia mengatakan perlu perjuangan saat tim dokter masuk ke Mako Brimob. Dia juga berkelakar tim dokternya tampak seperti hendak melakukan bakti sosial (baksos) saat di Mako Brimob.

"Pas datang, jadi kaya baksos, bawa perlengkapan baksos, saya duduk di mana, bukan kursi kaya begini, kursi di sofa gitu. Saya duduk di ruang terima tamu, dikerjain tuh, lucu banget deh. Pakai baskom, kasih tisu, kasih botol Aqua, terus buat pompa isapnya itu diinjek-injek pakai kaki. Pokoknya sudah kaya baksos, bawa perlengkapan, lampunya pakai HP (handphone)," tuturnya.

Dia mengaku, selama 20 bulan di rutan, melakukan pemeriksaan gigi dengan tim dokter langganannya selama enam kali. Dokter juga sempat melontarkan pujian ke Ahok karena giginya saat ini sudah bagus dan rapi.

"Makin ke sini makin bagus," ucap salah satu dokter gigi Ahok.

"Karena sebetulnya paling bagus waktu di Mako, makan, gosok gigi, pagi-malam kumur, gitu saja. Saya cerita sama teman saya, saya masuk Mako itu kaya mesin direkondisi, hidup lebih teratur, polanya makin benar, makan, sore sudah berhenti. Gigi juga waktu itu kita habis makan gosok gigi saking rajinnya," jawab Ahok.



Ahok juga mengungkapkan sebenarnya dirinya berniat meminta izin ke pihak Mako untuk keluar dan melakukan pemeriksaan gigi di rumah sakit. Namun niat Ahok saat itu diurungkan lantaran takut banyak orang berspekulasi tentang dirinya jika izin keluar untuk berobat.

"Di Mako Brimob ya, waduh bingung saya, kalau minta izin keluar di tahanan bukannya nggak dikasih. Prosesnya panjang, dan orang bisa curiga, bisa dituduh macam-macam, kan. Di samping itu, Mako Brimob tuh dokter gigi semua tuh lengkap banget. Di Brimob tapi nggak punya data saya. Gigi-gigi saya kan semuanya ada di mereka (tim dokter)," ucapnya.



Di akhir vlog, dia juga melontarkan pujian untuk tim dokter giginya. Menurut Ahok, tim dokternya itu sangat kompak dan bekerja profesional tanpa memandang suku dan agama.

"Dokternya juga beragam banget nih, Bhinneka Tunggal Ika banget nih, ujung ke ujung, beda-beda agama. Nah, harusnya kerja seperti itu, bukan berdasarkan suku, agama, ras, antargolongan untuk berkumpul, jadi semua profesionalitas," kata Ahok mengakhiri vlog.


Simak Video "Ahok: Tidak Mungkin Jadi Menteri, Saya Sudah Cacat"

[Gambas:Video 20detik]


(zap/nvl)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com