Seputar Ibu Kota Pindah: Sejarah hingga Pilihan Lokasi

Puti Yasmin - detikNews
Selasa, 30 Jul 2019 16:43 WIB
Seputar Ibu Kota Pindah: Sejarah hingga Pilihan Lokasi/Foto: Antara Foto/Akbar Nugroho Gumay
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana memindahkan Ibu Kota ke Pulau Kalimantan. Nah, seperti apa fakta-faktanya? Yuk simak.

Pemindahan ibu kota rencananya diumumkan pada tahun ini. Sedangkan tahun 2020 sebagai proses perencanaan, tahun 2021-2023 sebagai proses pembangunan, dan 2024 sebagai awal pemindahan pusat pemerintahan.

Berikut fakta-fakta ibu kota pindah yang dirangkum detikcom dari berbagai sumber:

1. Sejarah

Sejarah pemindahan ibu Kota Indonesia sebelumnya sudah pernah dibahas oleh Presiden Soekarno. Kala itu, ia berencana memindahkan ibu kota ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Namun rencana itu dibatalkan dengan penetapan Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia.



2. Alasan Ibu Kota Pindah

Alasan dipindahkannya ibu kota berkaitan dengan kondisi Jakarta saat ini. Menurut Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro akibat banjir dan kemacetan di Jakarta, Indonesia mengalami kerugian hingga ratusan triliun.

3. Pilihan Lokasi

Ada empat daerah yang sempat digadang-gadangkan menjadi pilihan lokasi ibu kota baru, yakni Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Barat. Namun, pilihan saat ini mengerucut menjadi Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

4. Contek Brasil

Pembangunan ibu kota baru akan menyontek dari negara yang telah berhasil merealisasikan wacana tersebut, seperti Brasil. Hal-hal yang akan dicontek meliputi desain dan proses pemindahan.

5. Diumumkan Agustus

Keputusan ibu kota pindah akan diumumkan pada Agustus mendatang oleh Jokowi. Sebab, kata dia, kajian kebencanaan hingga keekonomian belum tuntas diselesaikan.



6. Pro Kontra

Rencana ibu kota pindah juga menuai pro dan kontra. Bahkan, empat anggota DPD DKI terpilih menolak pemindahan ibu kota karena dinilai memerlukan banyak biaya yang seharusnya bisa digunakan untuk kesejahteraan rakyat.


Simak Juga 'Anggota DPD RI Tak Setuju Ibu Kota Dipindah, Ini Tanggapan Anies':

[Gambas:Video 20detik]

(pay/nwy)