detikNews
Selasa 30 Juli 2019, 13:24 WIB

Dampak Perbaikan Jembatan, Polisi Rekayasa Lalin di Jalan Raya Sawangan

Matius Alfons - detikNews
Dampak Perbaikan Jembatan, Polisi Rekayasa Lalin di Jalan Raya Sawangan Foto: Jembatan Mampang, Pancoranmas, Depok (Matius Alfons/detikcom)
Depok - Pekerjaan perbaikan Jembatan Mampang, Pancoranmas, Depok mengakibatkan kemacetan parah di Jalan Raya Sawangan. Untuk mencairkan kemacetan, polisi melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi.

"Ini diprioritaskan yang dari arah Pancoran Mas dulu, kalau tidak nanti efeknya (macet) itu hingga Margonda. Makanya kita rekayasa pengalihan yang dari Sawangan ke Pancoran Mas," kata anggota Satlantas Wilayah Depok Brigadir Andi Samsir ditemui di lokasi, Selasa (30/7/2019).

Andi menjelaskan, kendaraan dari arah Sawangan menuju Pancoranmas akan diarahkan terlebih dulu ke Jalan Pramuka Raya. Kendaraan yang mengarah ke utara bisa terus melalui Jalan Pramuka Raya, sedangkan yang menuju ke Pancoranmas akan diputar balikan di Jalan Pramuka Raya.

"Masalah muter di situ (Jalan Pramuka Raya) itu tergantung situasi kondisi, kalau padat dari Jalan Pramuka Raya ke sini ya nggak kita putar itu di situ, kita teruskan dulu. Ini sesuai kondisi gantian karena nggak bisa diprediksi," ucapnya.

Polisi menerapkan rekayasa lalu lintas yang berbeda pada Sabtu-Minggu. Jika kendaraan cenderung padat dari arah Pancoranmas, maka yang dari Sawangan tidak akan diputar di Jalan Pramuka Raya. Sedangkan jika kepadatan dari Jalan Pramuka Raya, maka yang dari Pancoranmas akan diteruskan ke arah Sawangan.



"Kalau Sabtu-Minggu dari Pancoranmas padat banget maka rekayasanya gantian, tinggal kita liat kondisi Barat-Timur seperti apa, kalau dari Timur (Pancoran Mas) padat banget yang dari Sawangan nggak kita putar dulu tapi kita bablasin ke sana (Pramuka Raya) dulu, kalau yang padat dari Utara (Pramuka Raya) maka di sini (Pancoranmas) kita tutup dulu, kita arahkan juga ke Sawangan semua," papar Andi.

Andi menyebut, kemacetan di lokasi diprediksi terjadi cukup parah pada saat jam berangkat dan pulang kerja.

"Tapi kalau hari biasa gini kita alihkan muter aja ini, kalau kendaraan sekarang bisa diprediksi, nanti kalau arus balik jam 3, jam 4 sore ke arah sana (Sawangan) semua, sekarang sementara diperlambat dulu nggak apa-apa," ujar Andi.

Andi meminta agar masyarakat bersabar dengan kondisi kemacetan ini. Ia juga berharap adanya alternatif dari arah Pancoranmas menuju Sawangan karena kondisi jalan terlalu sempit.

"Ada imbauannya yang mengarah ke Sawangan kalau bisa ada jalan alternatif, sementara ada perbaikan, di sini Jalan Raya Sawangan (jadi) sempit banget, ada tumpukan di sini ini biasanya," tutup Andi.


(maa/mea)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com