Ini Profil Ichsan Yasin Limpo, Tokoh Sulsel yang Meninggal Akibat Kanker

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Selasa, 30 Jul 2019 09:45 WIB
Ichsan Yasin Limpo (dok. Istimewa)
Makassar - Ichsan Yasin Limpo (IYL), tokoh Sulsel, meninggal karena penyakit kanker paru-paru. Ichsan sempat menjabat Bupati Gowa selama dua periode dan merupakan generasi emas dari klan Limpo.

Berdasarkan catatan detikcom, Selasa (30/7/2019), IYL sempat berkontestasi pada Pilgub Sulsel 2018. Sayangnya, pada Pilgub itu dia hanya memperoleh 73.096 suara dan harus mengakui kemenangan Nurdin Abdullah.

IYL juga diketahui aktif sebagai Ketua Palang Merah (PMI) Sulsel dan sempat memimpin Kabupaten Gowa selama dua periode dari 2005 hingga 2015. Kakak mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo ini disebut-disebut sebagai generasi emas dari keluarga Limpo.

Karir Ichsan diketahui lebih banyak berkutat di bidang politik. Sebelum maju di Gowa, dia sempat duduk di DPRD Provinsi Sulsel dari 1999 hingga 2005. Pada 2015, dia digantikan anaknya, Adnan Purichta, yang duduk menjadi Bupati Gowa.

Darah politik Ichsan mengalir dari ayahnya, Kolonel H M Yasin Limpo alias Yasin Daeng Limpo. Ia meninggal pada 4 Agustus 2009. Yasin merupakan orang kuat di Sulawesi Selatan. Ia adalah penjabat sementara gubernur. Sebelumnya, ia menjabat bupati di tiga kabupaten di Sulawesi Selatan.

Sementara itu, adiknya, Syahrul, pernah menjabat Wakil Gubernur Sulsel 2003-2008 dan Gubernur Sulsel 2008-2018.

Saat dalam perawatan di Singapura, Sandiaga Salahuddin Uno sempat menjenguk Ichsan Yasin Limpo di RS Mount Elizabeth.

"Menjenguk sahabat saya, Ichsan Yasin Limpo, yang sedang berjuang melawan penyakit kanker paru-paru di Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura. Untuk para netizen yang budiman, yuk kita sama-sama doakan untuk kesembuhan beliau," kata Sandi kala itu.
(tfq/fdu)