detikNews
Senin 29 Juli 2019, 17:18 WIB

Bikin Onar dan Panjat Pelinggih di Kuta, Bule Australia Diamankan

Aditya Mardiastuti - detikNews
Bikin Onar dan Panjat Pelinggih di Kuta, Bule Australia Diamankan WN Australia diamankan Satpol PP di Kuta, Bali (Foto: dok. Istimewa)
Kuta - Seorang pria warga negara Australia bikin onar dan memanjat bangunan suci (pelinggih) di rumah makan di kawasan Kuta, Badung, Bali. Pria bernama James Antony Burnell (58) itu diamankan Satpol PP.

Peristiwa itu terjadi pagi tadi di Jl Majapahit, Kuta, Badung, Bali. Komandan Regu Satpol PP Kecamatan Kuta Nengah Wika menyebut James sempat membentangkan tangannya di tengah jalan sebelum akhirnya membuat keributan dan memanjat pelinggih.

"Dia itu kurang-lebih jam 06.30 Wita di Jl Majapahit di lingkungan Banjar Pelasa, ada warung awalnya saya sendiri lihat dari selatan dia sudah membentangkan tangan di tengah jalan. Akhirnya saya bel-bel, saya kira bercanda, saya pulang tahu-tahu dapat laporan ODGJ naik ke atas sanggah warung itu dia naik, jerit-jerit sambil pelorotkan celananya," kata Wika saat dihubungi, Senin (29/7/2019).


WN Australia diamankan Satpol PP di Kuta, BaliWN Australia diamankan Satpol PP di Kuta, Bali (Foto: dok. Istimewa)

Saat itu warga setempat menghubungi petugas Linmas. Saat diringkus, diketahui yang bersangkutan bernama James dan berasal dari Australia.

"Datang Linmas karena taruna, bule Australia ini diringkus, dia bawa koper dan paspor," terangnya.

Wika juga sempat menghubungi pihak Imigrasi untuk berkoordinasi terkait penanganan pria berambut gondrong ini. Akhirnya mereka sepakat untuk membawa James ke RSUP Sanglah.





"Akhirnya pihak Imigrasi datang, dibawa ke RSUP Sanglah kira-kira jam 10.00 Wita. Dia ada alamatnya di Tohpati, dan dia bawa kayak puskesmas ada indikasi penyakit paru-paru itu, ODGJ itu, ngoceh-ngoceh bahasa Inggris," tuturnya.

Wika menambahkan butuh empat orang petugas untuk membujuk James agar turun dari pelinggih. Setelah dia mau turun, petugas lalu mengikat kaki-tangannya untuk antisipasi supaya tidak mengamuk.

"Diikat karena siapa tahu dia mengamuk, kalau ODGJ itu berontak istilahnya, tapi dia tidak melakukan perlawanan, untuk antisipasi saja itu. Empat orang di atas diajak turun, dibujuk mau turun," terang Wika.

Terpisah, Kanit Reskrim Polsek Kuta Iptu Putu Ika Prabawa mengatakan James sudah dibawa ke RSUP Sanglah untuk penanganan. Dari informasi, James diketahui memiliki tempat tinggal sementara atau tempat usaha di kawasan Jembrana.

"Dugaan sementara tamu asing tersebut depresi," kata Ika.


Simak Juga 'Viral! Bule Naik Motor Nyasar ke Tol':

[Gambas:Video 20detik]


(ams/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com