detikNews
Senin 29 Juli 2019, 09:55 WIB

Jokowi Teken Keppres Amnesti Baiq Nuril Hari Ini

Hendra Kusuma - detikNews
Jokowi Teken Keppres Amnesti Baiq Nuril Hari Ini Presiden Joko Widodo (Rengga Sancaya/detikcom)
FOKUS BERITA: Amnesti Baiq Nuril
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerima pertimbangan DPR terkait amnesti untuk Baiq Nuril. Jokowi akan menandatanganinya hari ini.

"Ya insyaallah lah. Bapak Presiden kan hari ini juga mau perjalanan ke luar kota. Jadi insyaallah hari ini sudah ditandatangani beliau. Kita tunggu saja," kata Mensesneg Pratikno di kantornya, Senin (29/7/2019).


Seperti diketahui, DPR telah menyetujui amnesti Baiq Nuril lewat rapat paripurna pada Kamis (25/7) lalu. Pertimbangan itu kemudian diserahkan ke Istana dan diajukan ke Presiden Jokowi pada akhir pekan.

"Kan weekend kami baru ajukan. Pokoknya hari ini kami ajukan kepada Pak Presiden, hari ini pula insyaallah ditandatangani beliau," ucapnya.

Baiq Nuril / Baiq Nuril (Lamhot Aritonang/detikcom)

Pratikno mengatakan belum ada rencana Jokowi akan bertemu dengan Baiq Nuril seusai amnesti diteken. Tapi dia menegaskan amnesti ini adalah bukti bahwa Jokowi mendengarkan suara masyarakat.

"Ini keadilan bukan hanya keadilan normatif ya, rasa keadilan. Pak Presiden kan sangat concern terhadap ini. Bukan semata-mata tekstual hukum, namun rasanya itu ya. Rasa keadilan masyarakat yang harus kita hargai. Keadilan substantif," ujar Pratikno.


Sebelumnya diberitakan, saat DPR menyetujui amnesti untuknya, Baiq Nuril menangis bahagia. Dia mengucapkan terima kasih kepada Jokowi.

"Terima kasih kepada Bapak Presiden, terima kasih kepada anggota DPR RI," kata Baiq di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (25/7/2019).



Simak Video "Baiq Nuril Ingin Semua Perempuan Berani Lawan Pelecehan"

[Gambas:Video 20detik]


(imk/fjp)
FOKUS BERITA: Amnesti Baiq Nuril
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com