Istana Sarankan Seluruh Paskibraka Perempuan Pakai Celana Panjang

Andhika Prasetia - detikNews
Senin, 29 Jul 2019 09:45 WIB
Ilustrasi anggota Paskibraka saat bersalaman dengan Presiden Jokowi. (Foto: Dok. Instagram)
Jakarta - Ketentuan mengenai penggunaan celana panjang bagi anggota Paskibraka Nasional putri diterapkan tahun ini. Pihak Istana menyebut, penggunaan celana panjang menyesuaikan bagi anggota yang berhijab.

"Kalau yang berjilbab, ya celana panjang menyesuaikan," ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dimintai konfirmasi, Senin (29/7/2019).

Kebijakan sebelumnya sudah disampaikan Kemenpora yang menyampaikan hasil rapat dengan pihak terkait, termasuk Istana, mengenai Paskibraka Nasional 2019 yang akan upacara bendera di Kompleks Istana Kepresidenan, 17 Agustus mendatang. Heru mengatakan, anggota yang tidak berhijab boleh saja pakai rok, tapi disarankan memakai celana panjang agar seragam dengan anggota lainnya yang berhijab.


"Yang tidak hijab bisa pakai rok, tapi untuk keseragaman dan keindahan maka bisa (pakai) celana (panjang), dan lebih rapi," ujar Heru.

Sebelumnya, Kemenpora mengatakan, aturan penggunaan celana panjang bagi perempuan ini termaktub dalam Peraturan Presiden Nomor 71/2018 tentang Tata Pakaian pada Upacara Kenegaraan dan Acara Resmi. Pasal 4 Perpres ini mengatur penggunaan rok atau celana panjang bagi perempuan.


Kemenpora menambahkan, penjelasan ini sekaligus menepis spekulasi yang dikaitkan dengan sentimen kelompok yang dilakukan oleh beberapa orang yang belum paham atau salah paham. Kemenpora memaklumi apabila ada yang mencibir kebijakan ini.

"Kebijakan ini semata untuk tertib pelaksanaan dan penyesuaian terhadap aturan, yang didahului oleh kajian dan serap aspirasi. Jadi tidak ujug-ujug. Apalagi dikaitkan dengan isu macam-macam. Kita bekerja siang malam membersamai peserta untuk tugas nagara", kata Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora, Asrorun Ni'am Sholeh lewat keterangan tertulis yang diterima, Senin (29/7).


Simak Video "Calon Paskibraka Nasional 2019 Siap Ikut Pelatihan di Cibubur"

[Gambas:Video 20detik]

Istana Sarankan Seluruh Paskibraka Perempuan Pakai Celana Panjang
(dkp/fjp)