Round-Up

Cerita Akom Dirawat Karena Stroke, Kini Muncul Lagi di Soksi

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 28 Jul 2019 21:02 WIB
Foto: Ade Komarudin (Audrey Santoso/detikcom)
Foto: Ade Komarudin (Audrey Santoso/detikcom)
Jakarta - Mantan Ketua DPR dari Fraksi Golkar Ade Komarudin atau Akom diketahui sempat menderita stroke dan menjalani operasi. Lama tak terdengar kabarnya semenjak sakit, Akom kini muncul lagi di acara Rapimnas II Soksi 2019.

Dirangkum detikcom, Minggu (28/7/2019), Akom sempat menjalani operasi di RSPAD Gatot Soebroto pada Januari 2018. Operasi di bagian kepala itu dilakukan setelah dia jatuh pingsan di kamar mandi akibat gejala stroke ringan yang dimilikinya.

Beberapa kerabat dan politikus Partai Golkar sempat menjenguk Akom selama menjalani perawatan pada 10 Januari 2018. Mereka di antaranya Aburizal Bakrie (Ical), Bambang Soesatyo atau Bamsoet, Agus Gumiwang, Idrus Marham, Happy Bone Zulkarnaen, Fayakhun, Bobby Rizaldi, Ichsan Firdaus, dan Agung Laksono. Ketum Golkar Airlangga Hartarto juga menjenguk Akom kala itu.


Lalu, pada April 2018, Akom disebutkan kembali menjalani operasi di RS Siloam Lippo Village, Tangerang, Banten. Kondisi Akom saat itu dikabarkan sudah stabil, meski belum sadarkan diri.

Bamsoet yang sempat menjenguk pada periode April 2018 menyebut Akom hanya menjalani perawatan biasa pasca-operasi di bagian kepala yang sebelumnya dijalani pada Januari lalu.

"Perawatan saja," ujar Bamsoet singkat, Selasa (10/4/2018).



Sejak sakit, kiprah Akom di dunia perpolitikan jarang terdengar lagi. Baru pada Minggu (28/7) Akom kembali menghadiri acara politik yakni Rapimnas II Soksi 2019 yang digelar di Hotel Kartika Chandra, Jakarta. Akom duduk di kursi roda mengenakan seragam Soksi dan peci hitam.

Akom duduk di barisan depan saat Bamsoet menyatakan diri maju sebagai caketum Golkar. Namun, Akom nampak tidak berekspresi saat Bamsoet menyatakan ingin meneruskan cita-citanya.


Bamsoet sebelumnya mengungkapkan salah satu alasannya maju sebagai caketum Golkar. Wakil Ketua Korbid Pratama Golkar itu mengaku ingin meneruskan cita-cita Akom yang belum tercapai.

"Kalau saya berada di depan sini dan telah menyatakan maju sebagai calon Ketua Umum Partai Golkar ini karena saya ingin meneruskan cita-cita Pak Akom yang belum kesampaian," kata Bamsoet saat memberikan sambutan di Rapimnas II Soksi 2019.

Bamsoet meminta Akom tak khawatir. Dia menyatakan akan berjuang untuk kejayaan Soksi dan Golkar di masa mendatang. (gbr/dkp)