ADVERTISEMENT

Sebelum Beli Sapi Tyson, Jokowi Disebut Lirik Rambo untuk Kurban

Abdy Febriady - detikNews
Minggu, 28 Jul 2019 09:35 WIB
Foto: Sapi Rambo milik Madjid di Sulbar (Abdy/detikcom)
Polewali - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membeli seekor sapi bernama Tyson untuk kurban hari raya Idul Adha di Sulawesi Barat (Sulbar) dari seorang peternak asal Polewali Mandar, Abdul Rahim. Namun, sebelum membeli Tyson, rupanya Jokowi sempat tertarik dengan sapi bernama Rambo milik peternak setempat, Madjid.

"Beberapa hari yang lalu memang sempat ada petugas dari peternakan yang berkunjung dan melakukan pemeriksaan. Katanya, Rambo akan diusulkan sebagai salah satu kandidat sapi kurban Jokowi. Tapi kabarnya sudah ada yang terpilih dari Wonomulyo," kata Madjid kepada wartawan, Minggu (28/7/2019).


Sapi Rambo berjenis Simental, sama dengan Tyson. Namun bobot Rambo lebih ringan, yaitu 900 kilogram dengan tinggi 1,5 meter dan panjang 2,8 meter. Menurut penuturan Madjid, sapi berusia 4 tahun itu diberi nama Rambo karena ukurannya yang besar.

Kendati sapi miliknya gagal dibeli Jokowi sebagai hewan kurban, Madjid mengaku tak kecewa. Alasannya, Rambo jadi terkenal dan banyak warga yang datang ke peternakannya untuk menawar sapi tersebut.

"Memang sudah ada beberapa yang datang berkunjung. Melihat-lihat dan menawar, tapi belum ada yang cocok harga," ujar Madjid.

Sebelum Beli Sapi Tyson, Jokowi Disebut Lirik Rambo untuk KurbanFoto: Sapi Rambo milik Madjid di Sulbar (Abdy/detikcom)

Saat ini, Madjid mengatakan ia meningkatkan perawatan dan pengawasan terhadap sapi-sapi kurban miliknya. Khusus untuk Rambo, dia membuka harga mulai dari Rp 65 juta. Sementara itu, juga ada sapi kurban lainnya yang Madjid tawarkan dalam rentang harga Rp 9-15 juta.

"Namanya juga penjual, tentunya kita akan selalu berupaya agar sapi yang kami tawarkan segera terjual. Salah satu caranya dengan meningkatkan perawatan agar sapi terlihat menarik dan bebas penyakit. Yang tidak kalah penting mengenai pengawasan, ini untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal tidak diinginkan, khususnya pencurian ternak yang biasa marak terjadi jelang hari raya," jelasnya.



Tonton video Jokowi Berkurban Sapi Berbobot 1,2 Ton di Banten:

[Gambas:Video 20detik]

(tsa/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT