Peserta Capim KPK Ikuti Tes Psikolog Selama 6 Jam

Zunita Putri - detikNews
Minggu, 28 Jul 2019 08:47 WIB
Ketua Pansel KPK Yenti Garnasih (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Ketua Pansel KPK Yenti Garnasih (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Sebanyak 104 calon pimpinan (capim) KPK yang lolos tahap dua, hari ini mengikuti tes psikologi. Tes psikologi ini diadakan selama 6 jam.

"Iya (selama) 6 jam. Jadi nanti mereka sudah kita sampaikan, ada tes kejiwaan dan tes kepribadian, nanti ada lembar-lembar yang boleh diisi semuanya, boleh juga 10, karena menurut perhitungan yang mengisi semuanya, hanya Albert Einstein saja. Tapi kalau tes kepribadian semua harus diisi," ujar Ketua Pansel KPK Yenti Garnasih di Pusdiklat Setneg, Jalan Gaharu I, Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu (28/7/2019).


Yenti mengatakan tidak ada target jumlah peserta yang akan lolos pada tahap tes psikolog ini. Dia berharap nantinya ada 50 peserta yang akan lolos pada tahap ini.

"Saya berharap semoga bisa di atas 50 orang, jadi supaya nanti ada tahap selanjutnya kita masih ada sedia orang," katanya.

Setelah tahap ini, para peserta masih akan mengikuti 5 tahapan tes lagi. Mulai dari profile asessment hingga wawancara dengan panitia seleksi capim KPK.


"Ada profile assesment, tes wawanacara, tes kesehatan, tes jasmani, greating individual, masih berapa tes lagi," katanya.

Pantauan detikcom, tes psikologi sudah dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Tes psikologi ini digelar tertutup hanya bagi peserta.



Tonton video Seleksi Capim KPK, Saut: Carilah Orang yang 'Berurusan dengan Tuhan':

[Gambas:Video 20detik]

(zap/jbr)