Sepak Terjang Gibran-Kaesang yang Didorong Maju Pilwakot Solo di 2020

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Sabtu, 27 Jul 2019 14:09 WIB
Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep (Twitter @kaesangp)
Jakarta - Dua putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep masuk bursa Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Solo. Masuknya mereka dalam bursa pun ditanggapi beragam rupa oleh partai politik. Ada yang terbuka, ada pula yang menilai belum waktunya.

Nama Gibran dan Kaesang mulanya muncul dalam survei yang dilakukan Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta. Tiga hal yang disurvei adalah popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas tokoh. Ada 766 responden yang dilibatkan dalam survei. Dalam tiga aspek tersebut, nama Gibran dan Kaeesang selalu mewarnai survei Unisri.

"Nama-nama tersebut digodok berdasarkan focus group discussion (FGD) bersama tokoh-tokoh masyarakat lintas bidang di Solo. Setelah muncul nama-nama tersebut, baru kita lakukan survei," kata Ketua Lab Kebijakan Unisri Surakarta, Suwardi di Unisri, Kamis (25/7).

Munculnya nama Gibran dan Kaesang ternyata mendapat sambutan positif dari parpol-parpol. PKB, Golkar, PKS, dan Demokrat bahkan mempertimbangkan untuk mengusung Gibran atau Kaesang dalam Pilwalkot Solo 2020.



Lantas, bagaimanakah sepak terjang Gibran dan Kaesang selama ini?

1. Gibran Rakabuming Raka

Gibran merupakan anak pertama Jokowi dan Iriana. Pria kelahiran 1 Oktober 1987 itu merupakan tamatan Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan University of Technology Insearch, Sydney, Australia.

Meski sang ayah sukses dalam kancah perpolitikan, Gibran memilih menjadi seorang pengusaha. Bahkan Gibran memilih merintis dari bawah tanpa bantuan sang ayah. Bisnis pertama Gibran dimulai pada Desember 2010 dengan usaha katering Chili Pari.

Berkat kiprahnya di dunia usaha, Gibran pun dipercaya sebagai Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo. Gibran juga mendirikan House of Knowledge untuk melatih karyawan-karyawan lepas katering Chilli Pari, khususnya dalam berbahasa Inggris.

Tak berhenti di situ, menggaet sang adik, Kaesang Pangarep, Gibran membuka bisnis baru, yakni Kafe Markobar. Kafe yang menjual aneka martabak itu pun kini memiliki banyak gerai di berbagai kota.

Bisnis Gibran pun kian bertambang. Setelah katering dan Markobar, dia menjajal bisnis baru di bidang reparasi produk kenamaan Apple dengan nama 'Icolor' dengan konsep jemput bola. Selain itu, bersama Kaesang, Gibran turut meramaikan bisnis e-commerce dengan berjualan jas hujan dan, terakhir, keduanya juga menjajal bisnis kuliner bersama Chef Arnold Poernomo.

Di kehidupan pribadi, Gibran menikah dengan Selvi Ananda pada 2015. Ia memiliki seorang putra bernama Jan Ethes Srinarendra.




2. Kaesang Pangarep

Kaesang merupakan anak bungsu Jokowi dan Iriana. Kaesang, yang lahir di Solo pada 25 Desember 1994, dikenal sebagai sosok yang humoris dan aktif di media sosial, khususnya Twitter.

Kaesang menempuh pendidikan SMA di Singapura mengikuti jejak sang kakak, Gibran Rakabuming Raka. Setelah lulus dari Anglo-Chinese School International dengan mengambil program International Baccalaureat, Kaesang pun melanjutkan kuliah di Singapore Institute of Management University.

Kaesang mulai menjadi sorotan saat Jokowi menjadi Gubernur DKI Jakarta. Saat itu, segala tindak tanduk Kaesang cukup mendapat perhatian dari publik. Apalagi, Kaesang juga aktif di media sosial.

Kaesang juga aktif menulis blog dan vlog. Beberapa karyanya sempat mencuri perhatian publik. Salah satunya kala ia mengulas tentang Jokowi yang senang memelihara kodok, sehingga memunculkan panggilan 'kecebong' untuk simpatisan Jokowi.

Kaesang juga kerap menimbulkan kontroversi. Kontroversi terbaru terkait pakaian yang digunakannya saat melayat istri Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono, di Singapura. Kala itu, Kaesang, yang mengenakan celana jins, mendapat kecaman dari netizen.

Sama seperti kakaknya, pria yang punya hobi nge-gym ini juga lebih memilih berwirausaha ketimbang ikut terjun ke dunia politik. Bersama Gibran, Kaesang berbisnis martabak dan jas hujan.

Bisnisnya pun terus berkembang. Tak hanya martabak dan jas hujan, Kaesang juga merambah bisnis kopi dan pisang hingga membuka sebuah restoran bersama Gibran dan Chef Arnold.


Gibran Masuk Bursa Cawalkot, PDIP: Eloknya Usai Jokowi Menjabat:

[Gambas:Video 20detik]



(mae/dkp)