detikNews
Sabtu 27 Juli 2019, 13:12 WIB

Anies Tak Hadir, Panitia Nilai Pemprov DKI Tak Dukung Festival Condet

Arief Ikhsanudin - detikNews
Anies Tak Hadir, Panitia Nilai Pemprov DKI Tak Dukung Festival Condet Ketua panitia Festival Condet M Hafidz Setiawan (Arief/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan batal menghadiri kegiatan Festival Condet. Panitia mengaku tidak mengetahui alasan Anies tak hadir dalam kegiatan tersebut.

"Tidak ada info (alasan tidak hadir) sama sekali. Kemarin sudah ada info dari pihak gubernur siap hadir, sudah tanyakan dress code, suruh siapkan mik, sudah semua disiapkan," ucap ketua panitia Festival Condet M Hafidz Setiawan kepada wartawan di lokasi, Jalan Condet Raya, Sabtu (27/7/2019).

"Dan pagi-pagi tidak ada komunikasi dan saya yang berniat komunikasi hadir atau nggak, katanya tidak hadir, tidak berikan alasan, katanya diwakilkan wali kota, tapi juga nggak hadir sama sekali. Cuma Lurah Batuampar dan Balekambang," ucap Hafidz.



Hafidz pun merasa tidak ada dukungan sama sekali dari Pemprov DKI Jakarta. Karena itu, sambung Hafidz, acara tidak begitu meriah seperti festival tahun lalu.

"Pemerintah tahun ini benar-benar minim. Tidak ada dukungan sama sekali, lihat panggung kita kosong melompong. Tahun kemarin didukung pengisi acara, gambang kromong, tarian Betawi, dan lain-lain. Tahun ini kita nggak didukung," kata Hafidz.

Hafidz tidak tahu alasan Pemprov tidak terlibat dalam kegiatan Festival Condet. "Nggak tahu kenapa. Ada apa sih di Condet sampai ditakutin begitu. Kita nggak didukung sama sekali, prosedur sudah kita lakukan semua. Ada apa di Condet?" kata Hafidz.

Hafidz menilai acara Festival Condet ke-4 ini layak didukung pemerintah. Di sana, ada launching batik Condet bergambar melinjo.

Batik Condet digagas oleh tiga orang, Zainal Abidin, Ahmad Firdaus, dan Dedi Dongkal. Mereka ingin menambah variasi batik Betawi.

"Kita berangkat (dari yang) biasa bikin sablonan. Terus lihat perkembangan batik Betawi (terlalu) monoton cuma ondel-ondel, bemo. Padahal di lingkungan Condet banyak objek bisa diambil," kata Zainal Abidin.

Zainal menyebut ingin mengangkat gambar batik dari hal-hal yang dekat dengan masyarakat.

"Akhirnya, jadi motif batik ini. Kita diskusi apa yang mau kita pilih. Salak jadi ikon Condet, tapi udah umum. Kebetulan di Condet ada kerajinan emping, jadilah (motif) melinjo," kata Zainal.

Selanjutnya, Zainal dan kawan-kawan akan merilis tiga motif batik, yaitu bunga salak, bunga telang, dan sungai Ciliwung.

"Ada kembang jaro (telang) di pagar orang Condet itu pasti ada. Kembang salak, banyak orang nggak tahu kembang salah seperti apa. Terus Ciliwung, di sana ada banyak varietas, seperti udang, (ikan) bau," ucap Zainal.

Seperti diketahui, masyarakat Condet sedang melangsungkan Festival Condet selama dua hari. Di sana, banyak stan penjualan dan empat panggung untuk pertunjukan budaya.

Festival digelar di Jalan Raya Condet. Jadi, selama dua hari ini, Jalan Raya Condet akan ditutup.


Simak Video "Anies Panen Duku dan Salak di Condet"

[Gambas:Video 20detik]


(aik/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com