detikNews
Jumat 26 Juli 2019, 21:41 WIB

Soal Bertambahnya Koalisi, Golkar: Tergantung Kesepakatan Ketum Parpol KIK

Eva Safitri - detikNews
Soal Bertambahnya Koalisi, Golkar: Tergantung Kesepakatan Ketum Parpol KIK Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F Paulus mengatakan ada atau tidaknya penambahan koalisi tergantung kesepakatan para ketua umum partai Koalisi Indonesia Kerja (KIK). Namun keputusan akhir ada di tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Golkar itu tergantung dari kesepakatan para ketum partai. Dan yang paling penting Pak Jokowi ya, kita tunggu pokok-pokok keinginan Pak Jokowi seperti apa," ujar Lodewijk seusai pertemuan di Restoran Seribu Rasa, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (26/7/2019).

Namun Lodewijk berpandangan komposisi parpol KIK saat ini sudah cukup, baik yang berada di pemerintahan maupun di parlemen.

"Kalau dikatakan cukup, sekarang sudah sangat cukup, kalau kita melihat kekuatan di parlemen dan sebagainya. Tetapi mungkin ada pertimbangan-pertimbangan lain," ucap Lodewijk.


Lebih lanjut, ia mengatakan kekuatan KIK sudah terbilang solid sejak Golkar memutuskan bergabung mendukung pemerintahan. Lodewijk mengatakan pihaknya tidak lagi berbicara perbedaan, tapi sudah membangun sikap soliditas.

"Sebenarnya, kita kalau dikatakan solid, sudah solid. Dua tahun ini sudah bersama-sama, kok. Dan sudah teruji apa perbedaan kita kan tidak lagi berbicara tentang perbedaan, tetapi soliditas sudah terbangun dan kita sudah sepakat visi-misi yang disampaikan Pak Jokowi. Tentang lima tahun ke depan, 30 tahun ke depan, dan tentunya Pak Jokowi punya visi Indonesia tahun 2045," tuturnya.
(eva/nvl)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com