detikNews
Jumat 26 Juli 2019, 18:33 WIB

Pemilik Porsche-Harley Daftar Rumah DP Rp 0, Anies: Artinya Minat Tinggi

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Pemilik Porsche-Harley Daftar Rumah DP Rp 0, Anies: Artinya Minat Tinggi Anies Baswedan (Farih Maulana/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan minat warga terhadap program rumah DP Rp 0 cukup tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya pemilik mobil dan motor mewah yang ikut mendaftar.

"Betul. Itu diceritakan juga sebagai indikasi bahwa banyak ternyata yang berminat bukan? Banyak yang berminat gitu, tapi bukan berarti lalu ada penyimpangan. Bahwa oh yang terima ternyata yang pemilik mobil mewah. Tidak, Itu menceritakan. Ternyata yang punya mobil bagus pun berminat. Artinya, minatnya cukup tinggi," kata Anies kepada wartawan di SMA Kolose Kanisius, Jakarta Pusat, Jumat (26/7/2019).


Anies memastikan programnya akan tepat sasaran. Dia menjelaskan proses verifikasi akan ketat untuk menyaring warga yang berhak mendapatkan rumah DP Rp 0.

"Nantinya akan di-review dan (yang lolos untuk kredit) sesuai dengan persyaratan. Karena itulah kenapa kita menggunakan kriteria. Supaya program ini menyasar dan memfasilitasi yang sesuai kriteria tersebut," ujarnya.


Sebelumnya, Kepala UPT Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera Dzikran Kurniawan mengatakan pendaftar yang gagal lolos seleksi diketahui memiliki kendaraan mewah. Artinya, calon pembeli ini dari golongan kaya raya.

"Mengenai seleksi itu, bisa saya tambahkan bahwa dari data yang kita cek BPRD (Badan Pajak dan Retribusi Daerah) itu ternyata cukup banyak juga, ada pendaftar juga yang memiliki kendaraan seperti Alphard, kemudian teridentifikasi memiliki kendaraan Porsche warna merah, kemudian Porsche Boxster. Kemudian ada juga yang memiliki motor Harley-Davidson. Jadi itu faktanya, itu yang termasuk tidak lolos seleksi," ucap Kepala UPT Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera, Dzikran Kurniawan, di Balai Kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (24/7).
(fdu/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com