Anies soal Upacara HUT RI di Pulau Reklamasi: Masih dalam Pertimbangan

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Jumat, 26 Jul 2019 17:43 WIB
Anies Baswedan (Ray Jordan/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan rencana pelaksanaan upacara 17 Agustus di Pulau D reklamasi masih dalam pengkajian. Anies mengatakan masih mencari tempat yang pas.

"Semua itu masih dalam pertimbangan. Tahun lalu kita berupacara di Lapangan Banteng. Kemudian tahun ini kita lagi mencari tempat yang pas untuk upacara besok. Salah satunya dipertimbangkan itu," kata Anies kepada wartawan di SMA Kolose Kanisius, Jakarta Pusat, Jumat (26/7/2019).


Anies mengatakan banyak faktor yang akan dipertimbangkan. Salah satunya tempat yang bisa menampung banyak orang.

"Kita semata-mata (mempertimbangkan) tempat yang cukup untuk menampung kita semua, banyak orang. Kemudian kemarin kenapa kita geser ke Lapangan Banteng? Kita coba Lapangan Banteng. Kemudian besok di mana lagi. Jadi upacara peringatan kemerdekaan 17 Agustus itu tempatnya selalu bervariasi. Salah satu yang dipertimbangkan di situ," sebutnya.



Sebelumnya, Jakpro mengatakan Pantai Maju atau Pulau D hasil reklamasi menjadi lokasi upacara HUT ke-74 RI. Jakpro menyebut upacara digelar untuk mencitrakan Pantai Maju bisa diakses oleh publik.

"Biasanya upacara di Monas, kali ini berbeda, tingkat provinsi upacara HUT RI di kawasan Pantai Maju," Kata Corporate Secretary PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Hani Sumarno kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (24/7).

Sebelum diputuskan di Pantai Maju, ada alternatif lokasi lainnya. Dua alternatif itu masih di lokasi hasil reklamasi.

"Ada dua tempat sebelumnya, baru Selasa (22/7) kemarin, diputuskan tempat di Pantai Maju, awalnya di Pantai Kita," katanya.


Simak Juga 'Jawaban Anies soal Reklamasi dan Tudingan Ingkar Janji':

[Gambas:Video 20detik]

(fdu/knv)