detikNews
Jumat 26 Juli 2019, 16:25 WIB

JK-Moeldoko Hadiri Pembubaran TKN Jokowi

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
JK-Moeldoko Hadiri Pembubaran TKN Jokowi JK menghadiri pembubaran TKN Jokowi-Ma'ruf Amin. (Azizah/detikcom)
Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin akan resmi dibubarkan sore ini. Sejumlah petinggi TKN pun telah hadir dalam acara pembubaran tersebut.

Pantauan detikcom di Resto Seribu Rasa, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (26/7/2019), telah hadir Wapres Jusuf Kalla (JK), Wakil Ketua TKN Moeldoko, hingga Menko PMK Puan Maharani.

Moeldoko, yang tiba lebih dulu pada pukul 15.48 WIB, mengenakan kemeja batik berwarna cokelat. Moeldoko mengatakan acara hari ini merupakan penanda bahwa TKN telah selesai melaksanakan tugas.

"Biasalah, ada dibentuk, ada dibubarkan. Jadi ini situasi yang biasa untuk menandai TKN sudah selesai menjalankan tugasnya," ujar Moeldoko.



Moeldoko mengatakan, setelah dibubarkan, para mantan anggota TKN tetap akan mendukung pemerintahan Jokowi. Mengingat selama ini ikatan emosional yang terjalin dalam TKN sangat kuat.

"Mungkin yang tetap melekat ya ikatan emosinya dari teman-teman TKN yang semangatnya masih tinggi. Untuk itu, tetap kita pelihara. Dalam menjalankan tugas kepresidenan, Pak Jokowi tetap mendapat dukungan dari teman-teman TKN."

JK-Moeldoko Hadiri Pembubaran TKN JokowiFoto: Azizah/detikcom


Tak lama kemudian, JK tiba pada pukul 16.01 WIB. JK, yang mengenakan kemeja putih, langsung masuk ke ruangan dan disambut Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto.

Puan Maharani tiba belakangan. Puan, yang juga politikus PDIP, mengenakan kemeja putih.



Selain JK, Moeldoko, dan Puan, di lokasi telah hadir Wakil Ketua TKN Johnny G Plate dan Arsul Sani, Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto, juru bicara TKN Ace Hasan Syadzily, Direktur Hukum dan Advokasi TKN Ade Irfan Pulungan, serta Wakil Sekretaris TKN Raja Juli Antoni.

Arsul menyebut agenda pembubaran ini sebagai pesta perpisahan (farewell party). Meski demikian, ia menuturkan, TKN masih membutuhkan wadah untuk berkomunikasi.

"Tapi kan tentu kami seluruh elemen pendukung Pak Jokowi-Kiai Ma'ruf Amin ini, baik yang berasal dari partai politik maupun dari kelompok relawan, itu kan tentu butuh wadah untuk komunikasi, untuk terus saling bersilaturahmi. Nah, bentuknya apa ya tentu nanti, antara lain, kita mendengarkan barangkali usulan-usulan dari teman-teman, baik dari jajaran TKN berasal dari parpol maupun dari kelompok relawanlah. Bisa juga forum komunikasi, apa pun nanti," tutur Arsul.


Simak Juga 'Pilpres Telah Usai, TKD Siap Bantu-bantu Program Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]


(azr/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com