Mufidah Kalla Buka Pameran Ikebana International di Museum Nasional

Zakia Liland Fajriani - detikNews
Jumat, 26 Jul 2019 13:04 WIB
Mufidah Kalla dan Sayako Ishii di Pameran Ikebana International (Foto: Zakia/detikcom)
Jakarta - Istri Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Mufidah Kalla membuka Pameran Ikebana Internasional Chapter 224. Mufidah membuka pameran merangkai bunga khas Jepang itu bersama istri Duta Besar Jepang, Sayako Ishii.

Acara digelar di Museum Nasional, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (26/7/2019). Dalam sambutannya, Mufidah yang juga memiliki hobi merangkai bunga itu menyambut baik Pameran Ikebana International. Dia mengatakan, pameran ini dapat menambah wawasan tentang seni merangkai bunga.

"Saya menyambut baik kegiatan pameran yang diadakan setiap tahun di sini karena memberikan sajian dan wawasan pengetahuan akan seni merangkai bunga indah Ikebana dan beberapa aliran yang ada di Indonesia. Rangkaian bunga gaya Jepang terdiri dari sembilan aliran dan dikenal di Indonesia adalah ikenobo, sogetsu, ichiyo, ohara, misho ryu, koryu, shofukadokai. Saya berbahagia menjadi salah satu bagiannya yaitu ichiyo," kata Mufidah.



Mufidah menilai, ikebana merupakan sebuah seni yang merefleksikan keseimbangan alam yang mencerminkan diri dari para perangkainya. Dia pun berharap bahwa Ikebana Internasional Chapter 224 Jakarta yang berulang tahun ke-35 itu terus mampu menghasilkan karya gemilang di tingkat nasional maupun internasional.

"Tentu saja, beragam hasil karya seni ini yang indah dan cantik yang kita lihat pada pameran Ikebana Internasional Chapter 224 hari ini merupakan visualisasi tema dan konsep menyatu, menggambarkan ekspresi jiwa setiap perangkai ditransformasikan dalam karya seni. Semoga kegiatan ini dapat selalu memberikan kontribusi dalam perkembangan dunia seni merangkai bunga di tanah air dan mampu karya gemilang kreasi indah di tingkat nasional maupun internasional," tuturnya.

Mufidah Kalla Buka Pameran Ikebana International di Museum NasionalFoto: Zakia/detikcom




Sementara, Istri Duta Besar Jepang, Sayoko Ishii dalam memaknai ikebana, mengkaitkannya dengan era baru Kekaisaran Naruhito yaitu Reiwa yang artinya keindahan dalam harmoni. Sayako melihat Reiwa dalam harmonisasi rangkaian bunga yang dipamerkan pada hari ini.

"Ikebana adalah seni kerajinan tangan yang memilih tangkai-tangkai, bunga-bunga dan daun-daun untuk menggantikan atmosfer suatu tempat menjadi dekorasi dan merangkai elemen-elemen ini. Pada intinya, Ikebana adalah gambaran dari alam yang melihat keindahan dalam harmoni pada bunga dan ruang-ruang yang ada di sekitarnya. Jadi, gambaran tentang alam yang diwujudkan oleh Reiwa," papar Sayoko Ishii dalam sambutannya.

Pameran Ikebana Internasional Chapter 224 Jakarta tahun ini diselenggarakan selama dua hari yaitu tanggal 26-27 Juli 2019. Pada pameran ini akan ditampilkan sebanyak 80 rangkaian bunga dari tujuh aliran Ikebana yang ada di Indonesia. (mae/mae)