detikNews
Kamis 25 Juli 2019, 17:28 WIB

PKS Sebut Budi Gunawan Sosok Pengganti Taufiq Kiemas

Tsarina Maharani - detikNews
PKS Sebut Budi Gunawan Sosok Pengganti Taufiq Kiemas Aboe Bakar Al Habsyi (Dok. Twitter DPR RI)
Jakarta - PKS mengaku kagum kepada Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan (BG), yang disebut menjadi salah satu aktor di balik pertemuan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto. PKS menyatakan BG bisa menjadi sosok pengganti Taufiq Kiemas.

"Yang saya lihat paling menarik dari acara ini adalah ada seorang pengganti yang nasionalis, yaitu pengganti Taufiq Kiemas yang namanya Budi Gunawan," kata anggota Majelis Syuro PKS Aboe Bakar Alhabsy dalam diskusi 'Gerindra Ancaman Kursi Koalisi?' di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (25/7/2019).
Alasannya, BG dinilai berhasil mempertemukan para tokoh bangsa. Menurut Aboe Bakar, kemampuan itu dimiliki Taufiq, yang merupakan Ketua MPR periode 2009-2014.

"Yang bisa mempertemukan beberapa tokoh tersebut dalam suasana yang sangat indah. Dulu Taufiq Kiemas kemampuannya semacam itu," ucapnya.

Dia pun memuji BG karena telah berhasil menggelar pertemuan antara Mega dan Prabowo dengan cantik. Namun, menurut Aboe Bakar, tidak ada 'makan siang gratis'.

"Budi Gunawan seorang KaBIN yang menyiapkan persiapan begitu indah, cantik, dan selesai. Tapi tidak ada makan siang gratis. Orang yang datang kan sudah jelas. Yang dibawa itu Edhy Prabowo (Waketum Gerindra) dan Ahmad Muzani (Sekjen Gerindra). Di sini yang dibawa Puan (Ketua DPP PDIP nonaktif Puan Maharani)," ujarnya.

"Itu pasti ada 'teka-teki silangnya'. Ini mau diisi ke mana, mau diisi ke mana, mau dikatakan tidak ada bagi-bagi apa dan sebagainya, itulah fakta simbol-simbol seperti nasi goreng dan bakwan tadi," imbuh Aboe Bakar.
BIN sebelumnya telah membenarkan bahwa BG menjadi salah satu aktor penting di balik pertemuan Mega-Prabowo. Menurut juru bicara BIN Wawan Hari Purwanto, BG sebagai Kepala BIN memiliki tugas tetap menjaga keutuhan NKRI, khususnya pasca-Pilpres 2019.

"Iya (menjadi salah satu aktor penting pertemuan Megawati-Prabowo), otomatis demikian karena memang menjadi tugas, jadi ini tidak lepas dari tugas pokok dan fungsi daripada intelijen untuk tetap mempersatukan republik ini," ujar Wawan, Rabu (24/7).



Simak Juga 'Suasana Pertemuan Prabowo-Megawati, Ada Puan hingga Budi Gunawan':

[Gambas:Video 20detik]



PKS Sebut Budi Gunawan Sosok Pengganti Taufiq Kiemas

(tsa/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com