NasDem Siap Capreskan Anies, Demokrat Curiga Ada 'Udang di Balik Bakwan'

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Rabu, 24 Jul 2019 17:27 WIB
Ferdinand Hutahaean (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta - Partai NasDem menyatakan siap mencalonkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pilpres 2024. Partai Demokrat curiga ada 'udang di balik bakwan' di balik manuver NasDem.

"Kami tentu menghormati sikap NasDem dengan segala keputusan politiknya yang hari ini menyatakan akan siap mencalonkan Anies pada 2024. Sebuah langkah politik yang bisa saja terjadi dan bisa juga tidak. Kita belum tahu apa maksud dari pernyataan Surya Paloh ini, tapi yang pasti saya meyakini ada sesuatu di balik pernyataan ini," kata Kadiv Advokasi dan Hukum DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean kepada wartawan, Rabu (24/7/2019).

"Ada udang di balik bakwan," imbuh dia.



Ferdinand enggan menjelaskan lebih jauh terkait kecurigaannya. Namun dia meyakini ada maksud tertentu dari manuver NasDem.

"Saya tidak ingin berspekulasi dengan pernyataan ini, tapi saya meyakini ada sesuatu di baliknya. Biar saja ini menjadi politik tontonan publik," katanya.

Sementara itu, untuk Demokrat sendiri, Ferdinand belum memikirkan soal Pilpres 2024. Meski nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kerap mencuat sebagai kandidat, Ferdinand mengatakan pihaknya belum membahas lebih jauh soal 2024.

"Terkait Demokrat, hingga saat ini Partai Demokrat belum akan mencalonkan siapa tahun 2024 nanti. AHY adalah sosok masa depan Partai Demokrat, namun belum ada keputusan partai untuk mencalonkan AHY atau tidak. Yang pasti, Partai Demokrat sebelum nanti memutuskan AHY maju atau tidak, akan dibahas dulu di internal partai. Namun demikian, kami harus mengakui AHY memang adalah sosok yang akan kami pentaskan dipanggung politik nasional ke depan," tutur Ferdinand.



Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh siap mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi capres di Pilpres 2024. Paloh siap mendukung Anies lahir dan batin.

"Sudah pastilah dukungan. Lahiriyah batiniyahlah dukungan, ha-ha-ha...," kata Surya Paloh setelah bertemu dengan Anies di kantor DPP NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (24/7). Surya Paloh menjawab pertanyaan soal dukungan politik terhadap Anies pada 2024.

Sementara itu, mendengar hal tersebut, Anies hanya tersenyum. Enggan berkomentar banyak, Anies hanya menjawab dirinya ingin mengurus Jakarta. "Saya bilang lagi ngurus Jakarta," kata Anies.

NasDem sudah mengklarifikasi soal pemberitaan dukungan Surya Paloh ke Anies. NasDem menegaskan Surya mendukung Anies sebagai gubernur DKI, bukan capres 2024.

"Pemimpin yang bisa melaksanakan harapan rakyat itu manifesto NasDem dan itu Pak Anies tahu. Karenanya datang ke sini Pak Ketum NasDem Bang Surya mengingatkan Pak Anies sebagai Gubernur terpilih, terlepas dari NasDem nggak dukung dulu ya, itu mempunyai kapasitas yang sampai saat ini belum secara optimal digunakannya. Tadi Bang Surya bilang baru 5 dari 10, masih ada 5 lagi," kata Sekjen NasDem Johnny G Plate.




Simak Juga 'Anies Baswedan Temui Surya Paloh, Ini yang Dibahas':

[Gambas:Video 20detik]

(mae/tor)