detikNews
Rabu 24 Juli 2019, 17:14 WIB

Gajah Suci Lahirkan Anak Kedua, Netizen Diajak Pilih Nama

Agus Setyadi - detikNews
Gajah Suci Lahirkan Anak Kedua, Netizen Diajak Pilih Nama Gajah Suci di Aceh melahirkan. (Foto: dok BKSDA Aceh)
Banda Aceh - Suci, gajah jinak di Convervation Respon Unit (CRU) Alue Kuyun, Aceh Barat, Aceh melahirkan anak kedua. Masyarakat yang aktif di jagat maya pun diajak memilih nama untuk bayi satwa berbelalai tersebut.

"Suci melahirkan anaknya pagi tadi sekitar pukul 07.00 WIB. Anaknya berjenis kelamin betina," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Sapto Aji Prabowo kepada wartawan, Rabu (24/7/2019).



Bayi gajah tersebut lahir dengan panjang sampai dengan pangkal ekor 100 sentimeter, tinggi 90 sentimeter dan berat sekitar 70 kg. Bayi gajah ini lahir dari induk bernama Suci yang ditangkap tahun 1994 dari daerah Ulee Glee, Pidie Jaya.

Menurut Sapto, pihaknya sudah meminta Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem (KSDAE) untuk memberikan nama gajah tersebut. Dirjen mengusulkan dua nama yaitu Cut Nyak dan Boni. Netizen yang ingin memberi usul nama bisa ikut berpartisipasi di kolom komentar akun instargam @cruaceh.

"Selanjutnya akan dilempar lewat medsos untuk divote oleh netizen selama dua hari. Suara terbanyak akan dipilih sebagai nama bayi gajah," jelas Sapto.



Sapto menjelaskan, tim dokter hewan BKSDA dan Unsyiah sudah bergerak ke CRU untuk memeriksa bayi Suci. Untuk perawatan, sebut Sapto, lebih baik dilakukan oleh induknya.

"Ini anak kedua Suci. Anak pertamanya yaitu Rosa tapi mati tahun 2014 karena EEHV," beber Sapto.


Simak Juga 'Ulang Tahun Gajah Surabaya':

[Gambas:Video 20detik]


(agse/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com