detikNews
Rabu 24 Juli 2019, 13:21 WIB

Pertamina Wujudkan Mimpi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Ini

Mustiana Lestari - detikNews
Pertamina Wujudkan Mimpi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Ini Foto: Pertamina
Jakarta - Pertamina ikut berkontribusi dalam pendidikan anak nasional melalui Sekolah Dreamable yang bertempat di Bojongsoang, Bandung, Jawa Barat. Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan Sekolah Dreamable ini merupakan program Pertamina untuk turut serta dalam pengembangan pendidikan yang berkelanjutan bagi anak-anak berkebutuhan khusus di wilayah operasi perusahaan.

"Program ini diinisiasi sejak 2018, Pertamina berharap anak-anak berkebutuhan khusus mewujudkan mimpi indahnya di masa depan. Kebetulan sekolah ini masuk dalam ring 1 wilayah operasional Pertamina," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Rabu (24/7/2019).


Yulianti yang anaknya bersekolah di sini mengaku adanya bantuan dari Pertamina untuk menambah fasilitas pendidikan dan fasilitas kebutuhan lainnya ini menjadi suntikan semangat bagi dia dan rekan-rekan seperjuangannya untuk sama-sama membangun kemandirian ABK.

Yulianti juga menjadi Ketua Yayasan Hidayah yang merupakan induk yang menaungi sekolah Dreamable. Dia bercerita soal sejarah pendirian sekolah ini. Bersama-sama ibu lain, dia mengajak untuk sama-sama mendirikan sekolah untuk anak berkebutuhan khusus atau Sekolah ABK.

Sekolah ini memanfaatkan sebuah rumah yang dijadikan tempat belajar mengajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang berlokasi di Desa Tegal Luar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.


Sebagian besar peserta didiknya merupakan ABK dari lingkungan keluarga dengan kondisi ekonomi menengah ke bawah. Keterbatasan ini yang menyebabkan banyak orang tua enggan menyekolahkan anaknya ataupun mengantar anaknya ke sekolah.

Namun, Yulianti bersama sejumlah relawan tidak patah arang. Setiap hari ia menjemput anak-anak itu dan bahkan mengunjungi ke rumahnya untuk mengajar mereka. Dengan cara ini, tidak ada lagi hambatan untuk para orang tua di Bojongsoang untuk tidak bisa mengikutsertakan anaknya bersekolah.

"Saya membangun sekolah ini karena saya yakin bahwa jika anak saya bisa dan mau belajar dan pastinya anak-anak lain juga bisa. Dengan sekolah ini kita dapat mengembangkan potensi anak-anak dan memotivasi orang tuanya agar bisa mendukung anaknya untuk terus tumbuh dan berkembang," ujar Yulianti. Melalui Sekolah Dreamable, program Corporate Social Responsibility Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III, Yulianti kini dapat mendidik 34 ABK.






(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed