detikNews
Senin 22 Juli 2019, 18:25 WIB

Soal Ide '55-45' Amien Rais, HNW: Rekonsiliasi Bukan 'Re-kursiasi'

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Soal Ide 55-45 Amien Rais, HNW: Rekonsiliasi Bukan Re-kursiasi Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid (Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta -
Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid (HNW) menilai pernyataan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais soal porsi 55-45 sebagai syarat rekonsiliasi Jokowi-Prabowo Subianto adalah peringatan bagi PAN untuk tidak masuk dalam pemerintahan. Hidayat menilai rekonsiliasi bukan soal bagi-bagi kursi.
"Kalau menurut saya, Pak Amien tetap dalam posisi untuk beroposisi. Dan bagi PKS, kalau rekonsiliasi jangan diartikan sebagai re-kursiasi, jangan diartikan bagi-bagi kekuasaan," ujar Hidayat di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (22/7/2019).

Hidayat mengatakan saat ini banyak partai pendukung Jokowi yang mengajukan nama untuk mengisi kabinet. Menurutnya, lebih baik Jokowi memberikan posisi di kabinet kepada partai pendukungnya saja.
"Sekarang saja dari kawan-kawan pendukung 01 sudah banyak yang mengajukan nama. PSI (ajukan) 44 nama, NasDem 11 nama, PPP 15 nama, PKB ada 10 nama, PDIP berapa pasti banyak lagi, Golkar pemenang kedua pasti banyak lagi," kata Hidayat.

"Sudahlah, Pak Jokowi berikan itu kepada rekan-rekan 01. Dan menurut saya, 02 karena tidak dimenangkan dalam pilpres, wajar saja kita berada di luar kabinet," imbuhnya.
Kembali ke pernyataan Amien Rais, meski berpendapat Amien sudah mengindikasikan agar PAN tetap di oposisi, Hidayat menegaskan partainya tak akan mengajak PAN berada di luar pemerintahan. Menurutnya, setiap partai punya kebijakan sendiri.
"Nggaklah, masing-masing sudah tahu posisinya kok. Kita tidak dalam posisi ajak-mengajak. Kita masing-masing tahu tentang tanggung jawab sosial politiknya, dan sekaligus memahami sikap yang akan diambil," tuturnya.

Sebelumnya, Amien Rais, yang merupakan Ketua Dewan Kehormatan PAN, berbicara tentang syarat rekonsiliasi. Amien juga berbicara tentang pembagian porsi 55-45.
"Saya bilang, kalau mau rekonsiliasi, tentukan dulu platformnya (programnya), mau diapakan Indonesia ini? Prabowo sudah bicara di mana-mana pentingnya kedaulatan pangan, energi, tanah, air, dan lain-lain. Kalau itu disepakati, misalnya disepakati, ayo bagi 55-45, itu masuk akal. Kalau sampai disepakati, berarti rezim ini balik kanan, sudah jalan akalnya," kata Amien Rais dalam sambutan acara 'Muhasabah dan Munajat untuk Negeri' di gedung Dakwah, Jl Kramat Raya, Jakpus, Sabtu (20/7).



(azr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com