detikNews
Senin 22 Juli 2019, 12:02 WIB

JK Minta Masyarakat Ikut Sumbang Ide Pembangunan Indonesia

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
JK Minta Masyarakat Ikut Sumbang Ide Pembangunan Indonesia Foto: Wapres Jusuf Kalla (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan pemerintah saat ini sudah melibatkan seluruh pihak dalam perencanaan pembangunan. JK meminta masyarakat juga ikut aktif dalam memberikan ide dalam membangun Indonesia.

"Pada dewasa ini, justru pemerintah ingin mendengarkan ide-ide yang baik untuk masa depan ini. Bagaimana menyatukan apa yang dikerjakan hari ini, dan juga baik untuk apa yang dilakukan pada masa depan," kata JK saat membuka Indonesia Development Forum 2019 yang digelar Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Senin (22/7/2019).


JK menekankan pentingnya usulan dari warga untuk inovasi bagi pemerintah. Menurutnya, tantangan yang sangat besar bagi pemerintahan membutuhkan peran dari seluruh pihak, termasuk masyarakat.

"Itu lah yang menjadi bagian dari keinginan kita semua, sehingga perencanaan kita menjadi bottom up, bukan hanya dari atas ke bawah. Oleh karena itu, saya harap (acara) ini dapat memberikan ide dan memberikan inovasi yang baru, yang kemudian membuat tindakan-tindakan," ujar JK.

JK Minta Masyarakat Ikut Sumbang Ide Pembangunan IndonesiaFoto: Wapres JK membuka Indonesia Development Forum 2019 yang digelar Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta. (Fida-detikcom)

JK menyebut Indonesia lebih banyak berperan sebagai konsumen dalam industri 4.0. Dia berharap di masa depan, Indonesia bisa mengubah hal tersebut.

"Keinginan kita semua untuk mendapatkan ide-ide dari masyarakat dari bawah. Para ilmuwan dan generasi muda untuk menentukan apa yang sebaiknya dilakukan untuk masa depan," ucapnya.

Indonesia Development Forum 2019 ini merupakan hasil kerja sama antara Kementerian PPN/Bappenas bersama Pemerintah Australia, melalui Knowledge Sector Initiative (KSI). Tahun ini, IDF 2019 mengangkat tema "Mission Possible: Memanfaatkan Peluang Pekerjaan Masa Depan untuk Mendorong Pertumbuhan Inklusif" dan menghadirkan lebih dari 250 pembicara nasional dan internasional dengan latar belakang industri dan sektor yang beragam.
(fdu/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed