detikNews
Minggu 21 Juli 2019, 11:14 WIB

Pilkades Serentak, Pengamanan di Sigi Sulteng Diperketat

Mohammad Qadri - detikNews
Pilkades Serentak, Pengamanan di Sigi Sulteng Diperketat Foto: Gelar pasukan jelang Pilkades Serentak (Qadri-detik)
Sigi - Aparat gabungan TNI/Polri diperintahkan untuk meningkatkan pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di wilayah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Dalam catatan kepolisian, sejumlah desa yang melaksanakan Pilkades masuk dalam jalur lintasan DPO kelompok bersenjata.

Dalam pelaksanaan Pilkades serentak besok, Polda Sulteng membagi tiga kategori untuk menjaga 106 TPS yang tersebar di 47 desa di Kabupaten Sigi. Lima TPS masuk dalam kategori sangat rawan, 11 TPS kategori rawan dan 90 TPS kategori kurang rawan.

"ada beberapa desa pernah dilewati kelompok OTK, salah satunya Dusun Ranggonau, Desa Pombewe, Kecamatan Biromaru. Dusun tersebut berada di puncak gunung yang berbatasan dengan Kab. Parigi Moutong. Wilayah itu kita masukan dalam kategori sangat rawan dalam pelaksanaan Pilkades, sehingga pola penjagaan sedikit berbeda dengan wilayah lain,"kata Karo Ops Polda Sulteng Kombes Pol. Imam Wahyudi usai memimpin apel pergeseran pasukan pada Minggu (21/7/2019) pukul 9.30 WITA di Mako Polres Sigi.



Menurut dia, pasukan yang masuk dalam pengamanan Pilkades serentak di wilayah yang sangat rawan, akan di dampingi oleh pasukan Operasi Tinombala. Yang mana pihak Polda Sulteng, Polres Sigi, Brimob Polda Sulteng dan TNI pagi ini sudah disebar ke wilayah yang akan melaksanakan Pilkades.

Sementara itu, Kapolres Sigi AKBP Wawan Sumantri mengatakan bahwa ada 601 pasukan gabungan TNI/Polri mengamankan Pilkades dan akan menerapkan pola pengamanan yang sama digunakan saat Pilpres 2019 yaitu pola 212, 412, dan 612.



"untuk wilayah Kabupaten Sigi, sangat dikenal dengan daerah yang perkelahian antar desa cukup tinggi hingga masuk dalam jalur lintas kelompok bersenjata, sehingga pengamanan kita harus lebih hati hati dan tetap siap selalu,"kata Wawan.

Untuk itu, Satgas Gabungan Intelijen dan Binmas akan melaksanakan penggalangan potensi masyarakat guna cipta kondisi Sitkamtibmas yang kondusif dalam pelaksanaan Pilades serentak.
(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com