detikNews
Minggu 21 Juli 2019, 10:53 WIB

Ferdinand Protes Pelebaran Trotoar Cikini, Pemprov: Prioritas Pejalan Kaki

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Ferdinand Protes Pelebaran Trotoar Cikini, Pemprov: Prioritas Pejalan Kaki Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Dinas Bina Marga DKI Jakarta menjawab kritik Kadiv Advokasi dan Hukum DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean soal proyek pelebaran trotoar di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. Prioritas jalan di kawasan tersebut memang untuk pejalan kaki.

"Ya untuk wajah Jakarta baru ke depan memang trotoar kita lebarkan dan lajur jalan kita kurangi. Prioritas utama adalah pejalan kaki, sepeda, kendaraan umum berbasis rendah emisi dan baru kendaraan pribadi," kata Kepada Dinas Bina Marga Hari Nugraha saat dimintai konfirmasi, Minggu (21/7/2019).

Hari mengatakan kendaraan pribadi diarahkan untuk menggunakan angkutan umum seperti MRT, BRT, dan LRT. Dia menyebut pelebaran trotoar juga untuk membuat pejalan kaki hingga warga disabilitas semakin nyaman melintasi trotoar di Cikini.

"Kendaraan pribadi kita arahkan menggunakan angkatan umum, MRT, BRT, LRT," jelasnya.

Terkait kritikan trotoar selabar 1,5 meter cukup bagi pejalan kaki, Dinas Bina Marga tidak sepakat. Hari bahkan menyebut idealnya trotoar mencapai 4,5-6 meter.

"1,5 meter belum mengakomodir semuanya. Trotoar yang ideal 4.5 sampai dengan 6 meter. 1,5 meter untuk pejalan kaki, 1,5 meter untuk disabilitas, 1,5 meter untuk street furniture. 0,5 sampai dengan 1 meter untuk buffer atau amenities," tutur Hari.

Total trotoar yang akan direvitalisasi sepanjang 10 kilometer dan memakan biaya Rp 75 miliar. Hari menargetkan proyek selesai pada Desember 2019.

"November-Desember 2019 selesai," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Ferdinand mengkritik revitalisasi trotoar melalui akun Twitternya. Menurut Ferdinand, pelebaran trotoar itu bikin jalan untuk kendaraan bermotor jadi sempit dan macet.

"Jakarta itu jalanannya macet, ruas jalan tak lg ideal dgn jumlah kendaraan. Tp koq bs Pemda DKI merampas badan jalan untuk meperlebar trotoar hingga 3 mtr lebih. Cikini yg slm ini padat, makin padat. Trotoar itu cukup 1,5 mtr utk pejakan kaki. @DKIJakarta," tulis Ferdinand pada Jumat (19/7).


Simak Video "Momen Kocak BPN Prabowo Serahkan Ferdinand Hutahaean ke TKN Jokowi"

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com