Gorong-gorong Tersumbat Sampah Kondom di Kuningan Kembali Dibersihkan

Gorong-gorong Tersumbat Sampah Kondom di Kuningan Kembali Dibersihkan

Adhi Indra Prasetya - detikNews
Sabtu, 20 Jul 2019 13:45 WIB
Gorong-gorong di kawasan Kuningan, Jaksel, kembali dibersihkan. (Adhi Indra Prasetya/detikcom)
Gorong-gorong di kawasan Kuningan, Jaksel, kembali dibersihkan. (Adhi Indra Prasetya/detikcom)
Jakarta - PD Pengelolaan Air Limbah (PAL) Jaya kembali membersihkan gorong-gorong di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Kali ini, mereka melakukan proses pengeringan gorong-gorong terlebih dahulu untuk memudahkan pengambilan sampah.

Pantauan detikcom, Sabtu (20/7/2019), ada 11 petugas PD PAL Jaya yang sedang melakukan proses pengeringan gorong-gorong yang terletak di Jalan Denpasar Raya, Karet Kuningan, Jakarta Selatan.

"Hari ini proses langkah pertama, kita pertama ini harus pengeringan air dulu ya, jadi sekarang proses pengedopan air di sini (gorong-gorong di depan Apartemen South Hills) didop dulu, lalu di sana (gorong-gorong di depan Apartemen Ambassade Residence) dipompa airnya. Didop itu biar nggak ada aliran airnya, ditahan," ujar petugas bidang Operasional dan Pemeliharaan PD PAL Jaya Yahya Effendi di lokasi.



Yahya menyebut proses pengeringan gorong-gorong bertujuan agar tidak ada air yang mengalir di dalam gorong-gorong sehingga pembersihan sampah lebih mudah dilakukan. Dia menyebut masih banyak sampah di dalam gorong-gorong.

"Kalau sudah kering baru kita bisa action, ambil sampah-sampahnya itu. Tanpa pengeringan kan ternyata belum bisa maksimal mengambil sampahnya, baru sedikit-sedikit saja. Jadi sekarang proses pengeringan dulu," ujar Yahya.

Lokasi gorong-gorong yang dibersihkan hari ini sama dengan lokasi pembersihan yang telah dilakukan PD PAL Jaya sebelumnya. Dari pembersihan yang telah dilakukan akibat sejak 2 Juli 2019, PD PAL Jaya menemukan banyak sampah yang menyumbat gorong-gorong mulai dari kondom bekas hingga celana dalam.

"Yang banyak itu kan pembalut pantyliner, celana dalam, dimasukkan ke WC, langsung di-flush di situ. Terus ya termasuk kondom, celana dalam. Bahkan botol plastik banyak sekali," kata Dirut PD PAL Jaya Subekti, Jumat (19/7).



Selain itu, Subekti menemukan kabel sepanjang 35 meter. Total sampah yang ditemukan hingga 10 karung.

"(Kabel) masih 35 meter. Besok masih ada lagi nggak tahu. Saat ini sih ditemukan 35 meter, ada sampah-sampah yang 10 karung itu," sebutnya.



Tonton video Sampah di Gorong-gorong Mega Kuningan, Plastik hingga Kondom Bekas:

[Gambas:Video 20detik]

(haf/haf)