detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 17:38 WIB

Amien Beri Kesempatan ke Jokowi, Hanafi Rais: Berdemokrasi dengan Etik

Yulida Medistiara - detikNews
Amien Beri Kesempatan ke Jokowi, Hanafi Rais: Berdemokrasi dengan Etik Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais. (Jefrie NS/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua Umum PAN Ahmad Hanafi Rais menjelaskan maksud pernyataan Amien Rais terkait memberi kesempatan kepada presiden-wakil presiden terpilih, Jokowi-Ma'ruf Amin. Karena Jokowi telah resmi ditetapkan sebagai pemenang pilpres, pihaknya memberi kesempatan.

"Ya kan KPU dan MK menyatakan pemenangnya adalah Pak Jokowi-Ma'ruf Amin, ya kalau sudah dinyatakan resmi secara legal ya sudah, masa mau tidak diberi kesempatan kan aneh juga kan, ya, itu saja sih. Jadi kita berdemokrasi dengan etik dan norma yang positif," kata Hanafi di kompleks DPR, Jakarta, Jumat (19/7/2019).


Dia meminta masyarakat memahami secara utuh pernyataan Ketua Dewan Kehormatan PAN itu. Menurut Hanafi, Amien memberikan kesempatan bagi Jokowi-Ma'ruf memimpin pemerintahan sekaligus mengawasi kinerjanya.

"Kan sudah memberi kesempatan, jadi gini, jangan dipisah-pisah, kan kemarin Pak Amien mengatakan memberikan kesempatan kepada Pak Jokowi dan Pak Kiai Ma'ruf untuk memimpin Indonesia lima tahun dan kita awasi, itu kan satu paket, ya sudah silakan dicerna," ujar Hanafi.


Sebelumnya, Amien Rais menyerukan untuk menjaga persatuan bangsa. Dia mengatakan akan mengawasi pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin dalam lima tahun ke depan.

"Jadi saya sampaikan, teruskan merajut Merah Putih, teruskan bangsa ini bersatu, jangan sampai pecah. Tapi soal kekuasaan, berikan kesempatan yang utuh kepada Pak Jokowi-Ma'ruf Amin dengan nanti lima tahun. Kita awasi dan itulah produk indah demokrasi," ujar Amien di kantor DPP PAN, Jalan Daksa, Jakarta Selatan, Senin (15/7).





Tonton Video Amien Rais dan Upaya Memelihara Api Oposisi:

[Gambas:Video 20detik]


(yld/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com