detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 17:41 WIB

Asal Muasal Sampah Kondom yang Sumbat Gorong-gorong Mega Kuningan

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Asal Muasal Sampah Kondom yang Sumbat Gorong-gorong Mega Kuningan Sampah kondom menyumbat gorong-gorong Mega Kuningan. (Dok. PD Pal Jaya)
Jakarta - Sampah kondom hingga celana dalam ditemukan menyumbat gorong-gorong Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Sampah itu diduga berasal dari hotel dan gedung-gedung di kawasan tersebut.

"Ya ginilah, itu kan bukan rahasia. Hotel semua dan sebagiannya memang ya banyak sekali teman-teman di lapangan menjumpai. Itu (kondom) tidak satu-satunya. Banyak Pampers, banyak celana dalam, banyak plastik," kata Dirut PD PAL Jaya Subekti saat dihubungi, Jumat (19/7/2019).



Selain kondom, petugas menemukan sampah berupa pembalut hingga botol plastik di gorong-gorong. Ada pula kabel sepanjang 35 meter. Subekti memastikan sampah-sampah itu berasal dari perkantoran dan gedung di kawasan Mega Kuningan tersebut.

"Iya sumbernya dari situ (perkantoran dan gedung). Mulai dari Mega Kuningan sana. Sampah-sampah itu yang 10 karung memang bermacam-macam sampahnya," ungkapnya.

Asal Muasal Sampah Kondom yang Sumbat Gorong-gorong Mega KuninganSampah kondom menyumbat gorong-gorong Mega Kuningan. (Dok. PD PAL Jaya)


Awal mula penemuan sampah kondom itu berasa dari keluhan soal aliran limbah. Main hole di dekat Kedubes China meluap. Petugas PAL Jaya melakukan penelusuran untuk mencari penyumbat aliran limbah sejak 2 Juli 2019. Sumbernya ternyata di sekitar belakang Kedubes Malaysia.



Subekti mengatakan sampah itu menyumbat aliran limbah di gorong-gorong akibat dibuang di toilet. Pengguna toilet di gedung kawasan Mega Kuningan diduga langsung mem-flush kondom hingga pembalut di toilet.

Subekti mengatakan PD PAL Jaya pernah mengumpulkan pengelola gedung di Mega Kuningan untuk tegas kepada tenant-tenant. Perlu ada peringatan kembali agar tidak membuang sampah di lubang toilet.

"Jangan sampai buang padatan apa pun, biasanya di WC, di-flush. Yang banyak itu kan pembalut pantyliner, celana dalam, dimasukkan ke WC, langsung di-flush di situ. Terus ya termasuk kondom, celana dalam. Bahkan botol plastik banyak sekali," kata Subekti.




Tonton Video Sampah di Gorong-gorong Mega Kuningan, Plastik hingga Kondom Bekas:

[Gambas:Video 20detik]


(imk/tor)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com