detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 16:59 WIB

Anies Tak Komentar soal Isu Politik Uang Pemilihan Wagub DKI

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Anies Tak Komentar soal Isu Politik Uang Pemilihan Wagub DKI Anies Baswedan (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enggan berkomentar terkait isu politik uang dalam pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) DKI. Anies mengaku tidak mengetahui isu tersebut.

"Nggak tahu, nggak komentar," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (19/7/2019).



Anies mempercayakan pemilihan wagub kepada anggota DPRD DKI Jakarta. Dia menuturkan DPRD DKI Jakarta akan melaksanakan pemilihan dengan tanggung jawab.

"Itu semuanya ada di tangan DPRD, bukan saya. Jadi lebih baik ditanyakan ke mereka. Tapi saya percaya bahwa teman-teman di DPRD akan menjalankan dengan penuh rasa tanggung jawab," tuturnya.

Sebelumnya, PSI menilai proses pemilihan Wagub DKI 'rawan'. PSI mengaku mendengar kabar adanya dugaan politik uang dalam pemilihan wagub pengganti Sandiaga Uno itu.

"PSI Jakarta menilai bahwa proses pemilihan Wagub DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno yang sedang berjalan ini sangat rawan akan timbulnya politik transaksional di belakang layar," kata Wakil Ketua DPW PSI DKI Rian Ernest dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Selasa (16/7).



Isu ini kemudian dibantah oleh DPRD DKI. Bahkan, Ketua Fraksi Demokrat-PAN DPRD DKI Jakarta Taufiqurrahman melaporkan Rian Ernest ke Polda Metro Jaya.

Taufik menilai pernyataan Rian Ernest itu berpotensi menimbulkan fitnah. Sebagai anggota DPRD DKI, Taufik pun merasa difitnah atas pernyataan Rian itu.

"Bukan dengan cara menyebar di media yang cenderung berpotensi jadi fitnah, saya merasa dirugikan. Saya anggota DPRD DKI, saya punya konstituen tahun 2014, saya dapat suara sebanyak 9.890 suara, itu harus saya pertanggungjawabkan," kata Taufiq kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (18/7).





Tonton Video Rian Ernest Bicara Asal-Usul Dugaan Politik Uang di Pilwagub DKI:

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com