detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 11:09 WIB

Jokowi Belum Bahas Kriteria Menteri Muda untuk Periode Kedua

Andhika Prasetia - detikNews
Jokowi Belum Bahas Kriteria Menteri Muda untuk Periode Kedua Foto: Jokowi (Instagram Jokowi)
Jakarta - Untuk kabinet di periode keduanya pada 2019-2024, Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) disebut melirik beberapa nama dari kalangan muda untuk masuk ke dalam kabinetnya. Namun hingga kini, Jokowi belum membahas kriteria menteri muda tersebut.

"Belum, belum," kata Jokowi di Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (19/7/2019). Jokowi menjawab pertanyaan apakah sudah membahas kriteria menteri muda.


Sebelumnya, orang-orang yang berada di lingkaran koalisi Jokowi sudah memberikan kisi-kisi soal menteri muda. Wakil presiden terpilih KH Ma'ruf Amin menyebut, ada menteri dari kalangan muda yang tengah disiapkan Jokowi. Ma'ruf menilai generasi muda yang memiliki kemampuan layak diikutsertakan dalam kabinet.

"Ini kan hak prerogatif presiden. Nanti jadi saya kira memang karena potensi milenial cukup besar, maka saya kira sudah wajar untuk direpresentasikan di dalam kabinet," ujar Ma'ruf di Hotel Grand Cempaka, Jalan Letjend Suprapto, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (3/7).


Soal sosok calon menteri muda memang sudah pernah disampaikan Jokowi dalam forum terbuka. Ia melirik Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Bahlil Lahadalia menjadi menteri. Usianya relatif muda jika benar ditunjuk Jokowi menjadi menteri. Tahun ini, ia akan berusia 43 tahun.

"Tadi saya melihat-lihat adinda Bahlil ini kelihatannya cocok jadi menteri," kata Jokowi di The Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (26/5).


Selain Bahlil, CEO Go-Jek Nadiem Makarim sempat disinggung untuk menjadi menteri Jokowi di periode kedua. Akan tetapi, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) enggan mengaitkan Nadiem dengan wacana menteri muda di kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Dia (Nadiem) sudah terbukti di bidangnya. Orang seperti Nadiem ini yang di Indonesia bagus, di luar negeri bagus. Menteri ini terbatas bidangnya. Yang dibutuhkan bangsa ini entrepreneur," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (16/7).

Simak Video "Suara-suara Partai soal Calon Menteri Pilihan Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]

(dkp/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com