detikNews
2019/07/19 06:45:51 WIB

Round-Up

Soal Ujian Bikin Capim KPK Petahana Kesusahan

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Soal Ujian Bikin Capim KPK Petahana Kesusahan Foto: Laode M Syarif (Ari Saputra)
Jakarta - Laode M Syarif merupakan salah satu wakil ketua KPK yang kembali mengikuti seleksi calon pimpinan (capim) KPK. Sama seperti capim yang lainnya, Syarif pun harus mengikuti tes tahap kedua.

Syarif sempat menceritakan kendala-kendala yang dihadapi saat tes kedua tersebut. Dia mengaku sempat kebingungan dengan pilihan jawaban soal yang mirip.

"Soalnya seperti biasa, multiple choice agak susah. Apa namanya itu mirip-mirip jawabnya, jadi harus cari yang paling pas," ujar Syarif di sela istirahat seleksi tahap kedua capim KPK di Pusdiklat Setneg, Jalan Gahuri I, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2019).


Situasi seleksi capim KPK tahap kedua.Situasi seleksi capim KPK tahap kedua. (Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom)


Tak hanya jawaban soal yang mirip. Menurut Syarif, ada pertanyaan yang diakui agak sulit dijawab, khususnya terkait dengan definisi terkait pidana korupsi yang diatur UU.

"Salah satunya definisi yang ada dalam UU Tindak Pidana Korupsi, UU di KPK. Bahkan ditanyain apa definisi pemberantasan korupsi dalam UU KPK? Kan itu agak panjang, jadi untuk bisa menjawab kan kadang lupa," tutur Syarif.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com