detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 15:29 WIB

Wakil Ketua KPK Laode Syarif Tak Optimistis Ikut Tes Capim

Zunita Putri - detikNews
Wakil Ketua KPK Laode Syarif Tak Optimistis Ikut Tes Capim Wakil Ketua KPK Laode M Syarif (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua KPK Laode M Syarif pasrah atas hasil uji kompetensi Pansel Capim KPK. Syarif mengaku tetap bersyukur bila gagal maju menjadi pimpinan KPK periode 2019-2024.

"Nggak, nggak, saya nggak optimis. Keterima alhamdulillah, nggak keterima, alhamdulillah banget, biasa aja. Kan sudah tahu lelahnya kerja di KPK, jadi biasa aja," ujar Syarif setelah mengikuti seleksi capim KPK tahap kedua di Pusdiklat Setneg, Jalan Gaharu I, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2019).

Syarif menyebut tidak ada perbedaan signifikan pada uji kompetensi tahun ini dengan empat tahun lalu. Hanya, tahun ini, uji kompetensi capim KPK digelar dengan basis digital.







Sementara itu, terkait makalah, Syarif menuliskan gagasan barunya. Syarif berharap pencegahan korupsi bisa sampai ke semua wilayah Indonesia, sehingga perlu program pencegahan korupsi yang terintegrasi.

"Saya tulis tadi itu adalah upaya pencegahan dan penindakan itu bisa terintegrasi lebih bagus. Yang kedua, kerja KPK itu kan dibutuhkan oleh banyak, tetapi KPK cuma ada di Jakarta. Jadi ke depan mudah-mudahan kordinasi dan supervisi pencegahan di wilayah itu bisa lebih diperluas," katanya.





Syarif juga berharap nantinya KPK ikut mendorong peningkatan pendapatan negara dengan memperbaiki tata kelola pemerintahan.

"Sektor-sektor yang menjadi sumber pendapatan negara kita perbaiki tata kelolanya, seperti sumber daya alam, perpajakan, penindakannya itu harus fokus yang besar-besar seperti itu agar pengembalian keuangan negara itu kerugian negara bisa diganti, itu aja," ujar Syarif.

Simak Video "Masih Adakah Harapan di Tengah Banjir kritikan Capim KPK Ini?"
[Gambas:Video 20detik]

(zap/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com