detikNews
2019/07/17 21:31:51 WIB

Round-Up

'Serang' Rich Brian, Jejak Dino Patti Jadi Sorotan

Tim detikcom - detikNews
Halaman 2 dari 2
Serang Rich Brian, Jejak Dino Patti Jadi Sorotan Rich Brian bersama Presiden Jokowi (Foto: Dok. Bekraf)


Giliran Ali Mochtar Ngabalin yang tampil. Dia adalah Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden (KSP). Ngabalin mengungkit Dino yang pernah berusaha menghadirkan Brian ke acaranya.

"Dia pernah mengundang Rich Brian ke acaranya. Tidak mungkin Dino Patti Djalal mengundang Rich Brian kalau dia tidak punya kompetensi dan simbol anak muda yang bisa berkarir dan berprestasi," kata Ngabalin.


Ngabalin membacakan cuitan Twitter Dino Patti Djalal pada 19 April 2018. Cuitan itu memuat upaya Dino menghadirkan Brian ke acara Supermentor Los Angeles, Amerika Serikat, pada pengujung April tahun itu. Saat itu Dino mencuit 'We are trying to find Indonesian rapper @richbrian to invite him to speak at Supermentor Los Angeles end of April, along with me nd @ridwankamil. Can anyone help ?', yang artinya 'Kami tengah berusaha mencari rapper Indonesia @richbrian untuk mengundang dia berbicara pada acara Supermentor Los Angeles pada pengujung April, bersama saya dan @ridwankamil. Adakah yang bisa membantu?'.

"Saya sungguh-sungguh sangat menyayangkan kalau Mas Dino bisa mengeluarkan statement seperti itu. Kenapa berubah?" sesal Ngabalin.

'Serang' Rich Brian, Jejak Dino Patti Jadi SorotanAli Mochtar Ngabalin (Foto: Zakia Liland/detikcom)

Dino mengkonfirmasi bahwa benar dia pernah berniat mengundang Brian ke acaranya. Namun niat itu dia urungkan karena belakangan dia tahu cuitan Brian di Twitter memuat kata-kata kotor.

"Dulu pernah kepikiran untuk mengundang Rich Brian ke suatu acara pemuda diaspora tahun lalu. Tapi begitu saya membaca tweet yang bersangkutan yang bernada jorok, niat itu dibatalkan," kata Dino ketika dimintai konfirmasi terpisah.


Dino menilai gaya cuitan rapper bernama asli Brian Imanuel Soewarno itu memang wajar untuk budaya tertentu di AS. Namun dia menilai itu tak baik untuk masyarakat Indonesia.

"Saya kan bicara sebagai seorang Indonesia dan sebagai orang tua," kata Dino.

Dia menyebutkan istilah-istilah dalam bahasa slang Inggris yang tak patut, namun dipakai di cuitan Brian. "Dan itu dibaca anak-anak kecil, yang sebagian akan meniru dan mengulang kata-kata tersebut. Dalam konteks budaya Indonesia, sangat tidak baik," tandas Dino.
(dnu/knv)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com