Round-Up

Postingan Youtuber Rius Jadi Persoalan Serius

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 17 Jul 2019 19:30 WIB
Foto: Instagram dan YouTube Rius Vernandes


Dalam kasus Rius, nama maskapai Singapore Airlines (SQ) turut terseret. Ada yang menyebut Rius bekerja sama dengan pihak SQ.

Pengacara Rius, Abraham Sridjaja, membantah dengan tegas kabar tersebut. Abraham mengatakan Rius tak memiliki kerja sama dengan SQ.

"Jadi gini. Tidak pernah ada kerja sama antara Singapore Airlines dengan Rius. Itu saya harus garis bawahi. Rius dipanggil ke Inspigo untuk dimintai jadi narasumber. Bukan kerja sama," kata Abraham.

Abraham mengatakan Garuda Indonesia juga bisa memanggil Rius bila ingin menjadikannya sebagai narasumber. "Jadi kalau misalnya Garuda mau panggil dia jadi narasumber juga nggak ada masalah. Kira-kira begitu," katanya.


Abraham Sridjaja mengatakan Rius Vernandes hanya menjalankan profesinya sebagai YouTuber yang sering mengulas layanan maskapai. Abraham menyebut ulasan itu tak hanya dilakukan Rius ke Garuda, tapi juga maskapai lainnya.

"Berbicara terkait hukum pidana itu sendiri. Harus ada dua unsur, yaitu mens rea dan perbuatan. Kalau mens rea atau niat ini, kita lihat Rius, Rius adalah YouTuber yang mengulas banyak maskapai. Bukan hanya Garuda. Ini adalah pekerjaan dia," kata Abraham.

Abraham menjelaskan, video yang diunggah Rius di media sosialnya tak dimaksudkan untuk menjelekkan perseroan. Justru, kata Abraham, Rius memberikan video yang sesuai dengan kenyataan.

"Kalau kita lihat videonya juga, videonya juga justru memuji Garuda. Apa yang dikatakan dia terkait dengan wine ataupun menu itu, itu adalah fakta, memang kenyataannya seperti itu," katanya.

Apa yang disampaikan Rius Vernandes juga disebut sebagai fakta. Unggahan itu, menurutnya, bisa menjadi masukan bagi Garuda Indonesia untuk bisa memberikan layanan yang lebih baik.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ini Review YouTuber Terkait Laporan Karyawan Garuda ke Polisi"
[Gambas:Video 20detik]