detikNews
Rabu 17 Juli 2019, 15:07 WIB

Sambut HUT Ke-74 RI, Pemerintah Gelar Festival Gapura Cinta Negeri

Eva Safitri - detikNews
Sambut HUT Ke-74 RI, Pemerintah Gelar Festival Gapura Cinta Negeri Konferensi pers Festival Gapura Cinta Negeri (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Pemerintah melalui Kemendagri dan Kemensetneg menggelar Festival Gapura Cinta Negeri dalam rangka menyambut HUT ke-74 Kemerdekaan RI. Festival ini bertujuan menumbuhkan kembali semangat persatuan dan menumbuhkan sikap nasionalis masyarakat.

"Saat bertepatan HUT ke-74 pemerintah telah menggagas Festival Gapura Cinta Negeri. Maksudnya adalah untuk meningkatkan mengembangkan persatuan kesatuan; kedua, meningkatkan nilai nasionalis; ketiga, membangkitkan partisipasi masyarakat, dan menumbuhkan kreatifitas," ujar Ketua Panitia Festival Hadi Prabowo saat jumpa pers di gedung Kemensetneg, Jakarta Pusat, Rabu (17/7/2019).



Kompetisi hias gapura ini diselenggarakan mulai 17 Juli sampai 17 Agustus 2019. Seluruh tingkatan masyarakat bisa melakukan pendaftaran di situs www.gapuracintanegeri.com. Persyaratannya pun mudah, Hadi menjelaskan peserta hanya diminta mengirimkan foto minimal 10 foto dan mengunggahnya di situs yang tersedia.

"Persyaratan tentunya kita tidak langsung datang tapi kita buka website gapura cinta negeri. Ini memudahkan masyarakat tinggal menyatakan keikutsertaan dan bukti identitas kemudian tentunya akan menyerahkan foto hasil pembangunan gapura," katanya.

Hadi menjelaskan festival ini dibagi dalam dua kategori, yakni kategori kelompok umum masyarakat luas dan kategori khusus, seperti instansi/perusahaan/perguruan tinggi dan lembaga. Nantinya, dalam festival ini akan dipilih 10 pemenang dari Kategori Umum dan 3 pemenang gapura dari Kategori Instansi/Lembaga/Perusahaan/Organisasi. Pemenang itu, kata Hadi, akan menerima hadiah uang tunai dan piala bergilir yang akan diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Adapun kaitannya dengan hadiah, adalah untuk umum ini terbaik akan mendapat piala bergilir dari Presiden dan pula mendapat piagam, dan hadiah bernilai Rp 250 juta. Favorit ada juga pilihan masyarakat mendapat piala dan juga hadiah senilai Rp 100 juta," ujar Hadi.



Sementara itu, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf menambahkan perayaan festival gapura ini sekaligus menumbuhkan kembali kebiasaan yang sebelumnya pernah ada. Diharapkan festival ini juga menumbuhkan semangat gotong royong masyarakat.

"Bahwa festival ini sebetulnya menghidupkan kebiasaan dulu setiap menjelang hari HUT itu di setiap Gapura RT/RW pernah ada dan itu meriah sekali. Itu sudah lama hilang. Semoga semangat gotong royong yang sifatnya inklusif, akan menampilkan ciri dari masing-masing daerah dan Kreativitas mereka bisa dikembangkan," tutur Triawan.

Simak Video "NGOBS KUY! #17andidetikcom"
[Gambas:Video 20detik]

(eva/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com