detikNews
Rabu 17 Juli 2019, 11:05 WIB

JK Sapa Ma'ruf Amin di Halalbihalal DMI: Ini yang Gantikan Saya

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
JK Sapa Maruf Amin di Halalbihalal DMI: Ini yang Gantikan Saya Halalbihalal DMI yang dihadiri JK dan Ma'ruf Amin. (Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyapa wakil presiden terpilih Ma'ruf Amin dalam acara halalbihalal Dewan Masjid Indonesia (DMI). Saat menyapa, JK turut menyebut Ma'ruf sebagai suksesornya.

"Yang saya hormati, Bapak Profesor Doktor Kiai Ma'ruf Amin, Ketua Umum Majelis Ulama, dan juga terpilih menggantikan saya nanti, Pak," ujar JK, yang disambut tepuk tangan hadirin, di Grand Sahid Jaya, Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (17/7/2019).

JK, yang juga Ketua Umum DMI, mengatakan tugas dan tujuan DMI adalah meningkatkan ibadah serta ibadah sosial dengan lebih baik. Ia juga menyinggung soal peningkatan pelayanan dalam beribadah.




"Itu tugas Dewan Masjid. Bagaimana meningkatkan ibadah tapi dengan cara meningkatkan fasilitas, pengorganisasian, pelayanan masjid yang lebih baik," katanya.

Menurut JK, mengurus masjid bukanlah sesuatu yang remeh-temeh. Ia meminta adanya pelayanan yang baik di masjid untuk meningkatkan ibadah.

"Jangan lupa, bukan kita mempercantik masjid, bukan kita ramai-ramai, tidak. Tapi meningkatkan ibadah fardu dengan cara memperbaiki masjid, sound system-nya, arsitekturnya, pelayanannya, meningkatkan mutu dainya, itulah cara kita beramal. Bukan ramai-ramai kayak begini, kumpul-kumpul kayak begini saja, tapi meningkatkan ibadah," ucap JK.

JK juga menceritakan pembicaraannya dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud yang menurutnya kagum akan banyaknya masjid di Indonesia yang mencapai hampir satu juta masjid. Namun, menurutnya, masjid bukan hanya tentang jumlah, tapi juga soal kemampuan melayani.




"Intinya, tugas DMI meningkatkan ibadah, baik ibadah fardu, tapi juga sosial sehingga dengan cara memperbaiki fasilitas masjid dengan kerja sama seluruh masyarakat, sehingga tercermin suatu masjid yang besar. Kita bukan bangga akan jumlah, tapi bangga akan kemampuan melayani," tuturnya.

Seusai sambutan, JK bersama Ma'ruf dan beberapa pengurus DMI juga memotong tumpeng dalam rangka milad DMI ke-47. JK kembali berkelakar soal 'penggantinya' saat menyerahkan potongan tumpeng kepada Ma'ruf.

"Ini seperti serah-terima, ya," ujar JK, yang disambut tawa Ma'ruf.


Simak Video "Saat Ma'ruf Amin Ajak Pendukung Nyanyikan Padamu Negeri"

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Jusuf Kalla Ngaku Belum Tahu Soal Posisi Wantimpres"
[Gambas:Video 20detik]

(azr/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com